Regulator antimonopoli AS menyelidiki bisnis game Microsoft

Bisnis.comJAKARTA – Federal Trade Commission (FTC), lembaga antimonopoli Amerika, akhirnya mengkaji akuisisi raksasa Microsoft Corp, atas perusahaan tersebut. Permainan Activision Blizzard Inc. yang dikhawatirkan menimbulkan persaingan tidak sehat.

dilaporkan dari Bloomberg Selasa (2/1/2022), menggantikan Departemen Kehakiman, FTC akan menyelidiki apakah pengambilalihan tersebut akan berdampak negatif terhadap iklim persaingan usaha. Demikian dilansir dari sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Kedua badan tersebut berbagi tanggung jawab untuk tinjauan antimonopoli atas merger dan sering kali mencapai kesepakatan tentang bagaimana melakukan penyelidikan.

Seperti diketahui, Microsoft Corp, mengakuisisi perusahaan video game Activision Blizzard Inc. yang berbasis di California bernilai US$69 miliar.

Microsoft mengendalikan berbagai entitas bisnis game, seperti game konsol Xbox dan sejumlah game populer, seperti franchise Halo, game militer sci-fi, dan Minecraft, game konstruksi virtual.

Sementara itu, perusahaan berdiri sebagai pemain terbesar ketiga di pasar game global, setelah Tencent Holdings Ltd. dan Sony Group Corp.

Direktur FTC Lina Khan telah lama menganjurkan pendekatan yang lebih keras untuk melakukan studi merger, terutama perusahaan teknologi besar yang katanya mampu mengeksploitasi dominasi mereka dalam suatu industri untuk mendapatkan kekuatan di industri lain.

Di bawah kepemimpinannya, agensi tersebut mencegat dua pengambilalihan besar, yaitu pembelian Arm Ltd. oleh Nvidia Corp. dan perjanjian Lockheed Martin Corp. untuk membeli Aerojet Rocketdyne Holdings Inc.

Sampai saat ini, Microsoft dan FTC belum berkomentar mengenai hal ini.

Investigasi terhadap Activision akan fokus pada penggabungan bisnis game dengan game Microsoft dan perangkat keras konsol.

Regulator kemungkinan akan melihat lebih dekat bagaimana kepemilikan Microsoft atas Activision dapat merugikan saingan dengan membatasi akses mereka ke game terbesar perusahaan.

Baca Juga   Berita Teknologi Terpopuler, dari Gmail hingga FIFA 22

Pengambilalihan besar terbaru Microsoft, kesepakatan $17 miliar untuk membeli pembuat perangkat lunak transkripsi Nuance Communications Inc., telah disetujui musim panas lalu oleh pejabat AS dan Eropa. Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris masih meninjau transaksi tersebut.

Tonton video terpilih di bawah ini:

konten berkualitas

Masuk Daftar

.


Source link