9 Prodi yang Diprediksi Banyak Dicari di Era Digital, Ada Informatika?

Jakarta – Ada beberapa jurusan kuliah yang diprediksi memiliki peluang kerja tinggi di era digital, khususnya hingga 2030 mendatang. Hal ini didasarkan pada laporan World Economic Forum (WEF) dalam The Future of Jobs Report 2020 tentang jumlah profesi yang banyak dicari di pasar tenaga kerja.

Melansir laman Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), era digital sendiri bermakna ketika sebuah informasi menjadi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Teknologi digital ini adalah teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi yang terhubung internet.

Untuk itu, profesi yang banyak dibutuhkan pada era digital cenderung didominasi oleh pekerjaan berbasis internet. Menurut WEF, setidaknya ada empat profesi yang diprediksi populer di masa mendatatang. Keempatnya adalah Analis Data dan Ilmuwan, Spesialis Artificial Intelligence (AI), Spesialis Pemasaran dan Strategi Digital, dan Spesialis Transformasi Digital.

Untuk mendukung profesi di atas, dibutuhkan prodi atau program studi yang mendukung selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Lantas, apa saja ya prodi yang dimaksud?

9 Prodi yang Diprediksi Banyak Dicari di Era Digital

1. Teknologi Sains Data

Di bidang teknologi sanes data mahasiswa akan belajar mengenai big data. Lulusan dari jurusan ini akan selalu dibutuhkan di era digital.

Ada beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini. Mulai dari Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas IPB, hingga Universitas Binus.

2. Manajemen dan Bisnis

Ilmu manajemen adalah ilmu yang selalu dibutuhkan dari masa ke masa. Nantinya, mahasiswa akan mempelajari ilmu manajemen, analisis bisnis, dan kewirausahaan yang tentunya dibutuhkan di dunia industri.

Hampir semua universitas di Indonesia memiliki jurusan manajemen dan bisnis beberapa diantaranya adalah Manajemen dan Bisnis di antaranya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, IPB University, hingga Binus University.

Baca Juga   Mengenal Virtual Reality, Teknologi yang Membawa Manusia ke Dunia Digital

3. Pemasaran Digital

Di era digital, tentunya digital marketing menjadi jurusan yang paling diincar. Mahasiswa nantinya akan mempelajari strategi pemasaran digital, optimalisasi media sosial, hingga analisis pasar.

Universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Padjadjaran, Universitas Ciputra, hingga Universitas Prasetya Mulya.

4. Ilmu Data dalam Kecerdasan Buatan

Jurusan kuliah yang diprediksi populer di era digital selanjutnya adalah Data Science dan Artificial Intelligence. Mahasiswa nantinya akan mempelajari hal tersebut dengan ilmu komputer yang dielaborasikan dengan informatika.

Jurusan ini ada di Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, hingga Universitas Surabaya.

5. Teknik Informatika

Teknik informatika berkaitan erat dengan ilmu matematika. Selain itu jurusan kuliah ini juga mirip dengan Data Science dan Artificial Intelligence.

Jurusan teknik informatika ada di berbagai universitas di Indonesia, hampir semua universitas memilikinya.

6. Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi mempelajari sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data. Sama seperti Teknik Informatika, jurusan ini tersedia di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Beberapa perguruan tinggi dengan jurusan Sistem Informasi terbaik antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Airlangga.

7.Desain Robot Industri

Jurusan robotik juga akan terus diincar di era teknologi seperti saat ini. Prospek karirnya setelah lulus adalah Spesialis Otomasi.

Perguruan tinggi yang memiliki jurusan robotik adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

8.Keamanan Cyber

Keamanan di bidang digital tentu selalu dibutuhkan di era digital saat ini. Mahasiswa nantinya akan belajar mengenai sistem proteksi yang digunakan di dunia maya.

Jurusan Keamanan Cyber ​​dapat ditemukan di Universitas Binus, Universitas Padjadjaran, hingga Universitas Gadjah Mada.

Baca Juga   Perkembangan Teknologi Metaverse di Dunia Farmasi – Info Farmasi Terkini Berbasis Ilmiah dan Praktis

9. Teknologi Bisnis Digital

Jurusan kuliah yang bakal booming di era digital selanjutnya adalah Teknologi Bisnis Digital. Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari bisnis digital yang berhubungan dengan marketplace, big data, hingga kecerdasan buatan.

Jurusan ini ada di Universitas Prasetya Mulya hingga Universitas Multimedia Nusantara.

Jadi, mana nih, prodi idaman kamu, detikers?

Simak Videonya “Lebih Penting Passion atau Bakat?
[Gambas:Video 20detik](atj/rah)

.


Source link