Seimbangkan Kemajuan Teknologi, MotionBanking Ajak Milenial Tumbuhkan Literasi Keuangan Digital

Memuat…

Dengan MotionBanking, masyarakat bisa mendapatkan bunga tabungan dengan bunga hingga 3,5% dan juga bonus bunga 6% agar tabungannya bertambah. Gambar/Dokumen

JAKARTA – Kemajuan teknologi saat ini mendorong aspek kehidupan menjadi domain digital . Semakin berkembangnya penetrasi internet di berbagai pelosok Indonesia telah mendorong banyak perusahaan untuk menghadirkan solusi yang memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk solusi perbankan.

Namun kemajuan teknologi tersebut harus diimbangi dengan kemampuan masyarakat khususnya generasi muda untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang literasi keuangan digital . Hal ini diperlukan untuk memanfaatkan solusi keuangan digital yang ada dengan baik agar layanan perbankan digital dapat digunakan secara optimal.

Baca Juga: Jadikan Resolusi Kebiasaan Menabung, Ikuti 4 Tips Cerdas dari MotionBanking Ini

Menurut data yang dipublikasikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, tingkat literasi keuangan Indonesia masih jauh lebih rendah dibandingkan Singapura dan Malaysia.

Indeks literasi keuangan negara hanya 30,03% dan indeks inklusi keuangan adalah 76,19%. Sementara Singapura sebesar 98% dan Malaysia sebesar 85%.

“Dengan kemajuan teknologi, masyarakat khususnya generasi muda yang akan berperan sebagai generasi penerus bangsa harus meningkatkan literasi keuangan di era digital agar tidak tertinggal dengan perubahan zaman dan industri,” ujar direktur Bisnis Digital PT. MNC Bank Internasional Tbk (BABP), Teddy Tee.

Selain itu, Teddy membagikan cara meningkatkan literasi digitalisasi keuangan, termasuk menggunakan internet dan media sosial secara benar dan bijak. Saat ini, semua informasi sangat melimpah dan mudah diakses.

“Manfaatkan akses informasi tanpa batas di internet untuk lebih memahami literasi keuangan digital. Ini adalah contoh nyata bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik,” lanjut Teddy.

Baca Juga   Lagi, Teguh Prasetya Pimpin Asosiasi IoT Indonesia hingga 2024

Contoh kecilnya adalah dalam hal penghematan. Secara tradisional, orang menabung dengan menabung dan jumlah ini akan meningkat dengan tabungan yang masuk.

.


Source link