Yuk Kenali Perbedaan Jurusan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

Jurusan teknologi informasi fokus ke engineering dan system informasi ke software

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jurusan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, saat ini sangat digandrungi oleh generasi muda. Maraknya kemajuan teknologi membuat prospek kerja dalam hal ini, sangat menjamin lulusannya. Kebutuhan tenaga kerja di bidang IT yang banyak, membuat berbagai perusahaan hingga sistem pemerintahan sangat membutuhkan banyak hal, pada bidang teknologi informasi dan sistem informasi.


Kemiripan jurusan ini kadang membuat calon mahasiswa bingung dalam menentukan pilihan. Bahkan, tidak sedikit orang awam mengatakan bahwa kedua jurusan ini adalah sama. Padahal, dari penamaannya saja sudah berbeda, apa saja sih perbedaan jurusan Teknologi Informasi dengan Sistem Informasi?


Berikut ulasan yang telah dirangkum dari Kaprodi Universitas BSI


1. Pengertian


Hendra Supendar, ketua Prodi Teknologi Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjelaskan bahwa, teknologi informasi merupakan jurusan yang mengarah pada insinyurG. Lulusan teknologi informasi juga memiliki keahlian di bidang perancangan teknologi, implementasi, pengembangan, manajemen atau dukungan terhadap sistem informasi yang berbasis komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak.


Sedangkan, Muhammad Sony Maulana sebagai ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak mengungkapkan, jurusan Sistem Informasi fokus di bidang perangkat lunak, namun lebih mengarah dalam penerapan bisnis perusahaan. Jurusan ini mempelajari bagaimana mendesain sistem yang sesuai dengan tujuan organisasi atau perusahaan dengan kebutuhan dan proses bisnis.


2.Keunggulan


Keunggulan jurusan Teknologi dibandingkan jurusan lainnya adalah Teknologi Informasi di desain untuk menjadi seorang yang ahli dalam mendesain dan membangun infrastruktur sebuah perusaahan. Sehingga jurusan ini, diajarkan tentang perangkat keras, perangkat lunak, brainware dan jaringan sebagai tulang punggung pembangunan sebuah infrastruktur.

Baca Juga   10 Rekomendasi Handphone Murah di Bawah Rp2 Jutaan Tahun 2022


Sementara itu, keunggulan Sistem Informasi adalah berfokus pada keunggulan program yang andal, baik dalam menganalisis maupun aplikasi yang telah diimplementasikan.


Selain itu, jurusan Sistem Informasi juga menghasilkan seseorang yang ahli dalam merancang kebutuhan-kebutuhan IT di sebuah perusahaan. Dari hardware dan software, hingga menganalisis dan menentukan inti bisnis berbasis IT yang paling tepat untuk dijalankan oleh perusahaan.


Jurusan ini juga mengajarkan tentang data warehouse dan bisnis intelligence yang menjadikan seorang administrator database, dapat menganalisis dan menerapkan algoritma data mining, untuk mendukung kinerja bisnis perusahaan


3. Kurikulum


Teknologi Informasi sangat lekat dengan ilmu pengetahuannya terkait mata kuliah Arsitektur Perusahaan. Enterprise Architecture adalah praktik pendokumentasian elemen-elemen strategi bisnis, kasus bisnis, model bisnis, serta teknologi, kebijakan dan infrastruktur yang membentuk perusahaan.


Selain itu, kurikulum Teknologi Informasi juga meliputi keamanan dan penjaminan informasi, kriptografi, mobile commerce, cloud computing, audit teknologi informasi, computer forensik hingga cyber security analyst.


Untuk kurikulum Sistem Informasi sendiri, lebih berfokus untuk mencetak programmer yang andal dan menyeimbangkan antara kebutuhan teknologi informasi yang selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Sehingga Sistem Informasi memiliki mata kuliah unggulan meliputi, web programming, mobile programming, manajemen proyek, e-business, teknologi web service, data warehouse dan business intelligence.


4. Prospek Karier


Lulusan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi sama-sama memiliki prospek karir yang menjamin. Lulusan Teknologi Informasi dapat berkarier sebagai administrator sistem, analis keamanan siber, pemrogram objek, pengembang sistem, pengembang sistem intelijen TI, Konsultan TI, ahli forensik digital, arsitek awan hingga semua pekerjaan di bidang pengembangan TI.


Selaras dengan itu, lulusan Sistem Informasi juga mendapatkan porsi yang banyak pada bidang pekerjaan yang sama dengan lulusan Teknologi Informasi. Lulusan Sistem Informasi dapat menjalani karir sebagai system administrator, cyber security analyst, object programmer, database administrator, IT business analyst, web atau mobile developer, hingga analyst system.

Baca Juga   Tingkatkan Penjualan, Dagangan Gandeng Tenaga Lokal di Perdesaan


Intinya, Teknologi Informasi dan Sistem Informasi memiliki peranan yang sama yakni berjibaku dengan dunia teknologi dan informasi. Bedanya, teknologi informasi lebih berfokus untuk merancang dan mengimplementasikan informasi ke dalam sistem informasi. Sedangkan Sistem Informasi memastikan, bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dnegan proses bisnis perusahan.


Tenaga ahli sistem informasi yang tidak hanya mengandalkan teknologi saja, namun lebih mengarah ke sistem untuk mencapai tujuan bisnis, sedangkan tenaga ahli teknologi informasi berfokus pada sistem mesin, perangkat keras hingga perangkat lunak.


Untuk menjadi tenaga ahli di bidang teknologi informasi dan sistem informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memiliki dua prodi tersebut, yang memang menjadi keunggulan, sebagai kampus berbasis IT.


Bagi calon mahasiswa baru, Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) periode Maret 2022, masih buka. Waktu perkuliahan akan dimulai pada tanggal 14 Maret 2022 mendatang, dengan batas akhir pendaftaran pada 8 Maret 2022.


PMB Periode Maret ini, tersedia untuk dua program studi Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. Jadi, setelah menentukan pilihan jurusan kuliah, jangan lupa unduh aplikasi PMB UBSI di playstore atau kunjungi laman https://bsi.pmbonline.id/.


Selain itu, Universitas BSI juga bekerja sama dengan Danacita untuk meringankan biaya perkuliahan dengan cara dicicil.

.


Source link