Kementerian Komunikasi dan Informatika

SIARAN PERS NO. 34/HM/KOMINFO/02/2022

Siaran Pers No. 34/HM/KOMINFO/02/2022

Rabu, 2 Februari 2022

Pada

Menyikapi disrupsi, Menteri Johnny mendorong industri hiburan untuk beradaptasi dengan teknologi digital

Disrupsi teknologi menuntut setiap pelaku industri di Indonesia untuk segera mengambil langkah adaptif dan kelincahan yang tepat. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan migrasi kehidupan dari ruang fisik ke ruang digital yang dipercepat oleh pandemi Covid-19 juga mendorong industri hiburan untuk menggunakan teknologi digital.

“Kita melihat bagaimana perubahan yang begitu tinggi pada film televisi, serial televisi, pada film bioskop, dampaknya sangat luar biasa sehingga membutuhkan adaptasi yang cepat dan perlu. kelincahan bagus,” katanya saat peluncuran Aplikasi Eventori yang bagusyang berlangsung secara hybrid fashion dari Cendrawasih Hall, JCC Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022).

Oleh karena itu, Menteri Johnny mendorong semua orang di industri hiburan untuk tumbuh dan memanfaatkan teknologi digital.

Disrupsi teknologi juga berdampak besar pada casting dan industri hiburan, khususnya penggabungan industri film. Talenta di industri hiburan perlu direspon dengan berkembang menjadi lebih mampu secara digital, ungkapnya.

Menurut Menkominfo, valuasi industri hiburan pada tahun 2021 di dunia tidak akan kurang dari 2 triliun dolar dan akan terus tumbuh. tingkat pertumbuhan majemuk dan globaladalah 6,7%.

“Tinggi. Begitu pula di Indonesia, data yang disampaikan kepada saya bahwa pada tahun 2021 valuasinya sekitar $10,7 miliar. Dan diharapkan pada tahun 2025 prognosanya mencapai $15 miliar atau tingkat pertumbuhan tahunan majemuk sekitar 8,7%,” jelasnya.

Menteri Johnny mengatakan gangguan teknologi juga akan berdampak pada produksi, pemasaran, dan distribusi sektor industri hiburan. Bahkan saat ini, menurut dia, preferensi konsumen juga berubah.

Baca Juga   Pendiri teknologi peluncuran dana yang bertujuan untuk menemukan 'unicorn' Afrika berikutnya

“Dampak dari disrupsi ini menuntut perubahan model dan gaya pemasaran atau marketing itu sendiri. Di seluruh dunia, industri hiburan tumbuh dan berkembang pesat akibat disrupsi teknologi ini,” ungkapnya.

Dukungan yang solid

Menkominfo menegaskan, pertumbuhan dan perkembangan industri hiburan nasional harus dikembangkan oleh anak-anak Indonesia. “Itu adalah syarat utama dan di atas segalanya karena itu ada di pihak kita. Indonesia tidak menutup diri terhadap liberalisasi, internalisasi, tetapi kita harus mampu mengembangkannya dan mengendalikan industri untuk kepentingan nasional,” ujarnya.

Karena itu, Menteri Johnny menyatakan dukungannya yang kuat untuk anak-anak di industri hiburan.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berada di sini malam ini untuk bersaksi menyaksikan peluncuran Aplikasi Eventori yang bagus. Nanti malam kita lihat performancenya lewat Eventtori, jadi saya di sini sebagai Menkominfo memberikan dukungan kuat untuk itu,” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan, pemerintah melakukan berbagai langkah, baik di level regulasi maupun dengan memberikan insentif, khususnya kepada industri game nasional.

« Kominfo mendukung Indonesia Pertukaran Pengembang Game (IDGX) melalui berbagai program yaitu IGDX AkademiIGDX BisnisIGDX Pertemuan dan sebagainya,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga terus berupaya meminimalkan Pecahan numerik. Upaya ini bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat yang lebih merata dalam penggunaan teknologi digital.

“Setelah membangun infrastruktur TIK di seluruh Indonesia, kami juga membutuhkan talenta digital yang memadai dan kami akan memberikan dukungan yang kuat khususnya untuk industri hiburan. Dengan diluncurkannya aplikasi Super Eventori, industri hiburan kita menjadi lebih digital dan maju,” ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir juga hadir dalam acara tersebut; Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto; mantan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Periode 2016-2019, Enggartiasto; Wakil Presiden DPR RI Korinbang Rachmat Gobel; Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung; dan salah satu pendiri Eventori. Abdurrahman.

Baca Juga   Intervensi teknologi bantu kenyamanan tempat wisata bagi pengunjung

Kantor Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika
Email: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Faks: 021-3504024
Twitter @kemkominfo
Facebook: @kemkominfo
Insinyur: @kemenkominfo
Website: www.kominfo.go.id

.


Source link