Layanan Antrean secara Online di Rumah Sakit Mudahkan Peserta JKN Akses Kesehatan

Suara.com – Kemudahan akses di fasilitas kesehatan melalui sistem antrean online terus digaungkan layanan BPJS Kesehatan, demi memberikan kemudahan bagi peserta saat mengakses kesehatan. Hal tersebut Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, dalam kunjungannya ke Rumah Sakit Umum PKU (RSU) Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (4/2/2022).

“Sistem antrean online yang sudah terintegrasi ke dalam aplikasi Mobile JKN dapat memudahkan para peserta untuk mengakses layanan di rumah sakit. Ini membuat peserta tidak perlu lagi menunggu lama-lama di rumah sakit. Mereka bisa mengambil gambar dari rumah sehingga peserta sudah bisa mengetahui waktu dan bisa mengurangi semut di rumah sakit,” kata Ghufron.

Ghufron mengatakan, RSU PKU Muhammadiyah Gambing sudah menerapkan sistem antrean online bagi peserta JKN-KIS. Meski ada beberapa layanan lainnya yang harus diintegrasikan, ia berharap, proses tersebut dapat berjalan dengan cepat sehingga peserta JKN-KIS dapat dilayani dengan optimal.

Ghufron juga mengapresiasi sistem informasi yang dibangun rumah sakit dan alur pelayanan yang dipermudah serta lingkungan yang bersih dan nyaman

Baca Juga:
BPJS Kesehatan Perkuat Upaya Pencegahan Kecurangan dan Sistem Kendali Mutu dan Biaya

“Lingkungan rumah sakit sudah bersih dan memiliki udara yang sejuk. Selain itu, waktu ketersediaan jadwal dokter dan alur pelayanan yang rapi dapat membuat para peserta nyaman saat mengakses pelayanan. Meski masih ada beberapa layanan yang belum terintegrasi, harapannya agar RSU PKU Muhammadiyah Gamping mulai mengintegrasikan layanan yang dimiliki rumah sakit dengan BPJS Kesehatan,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ghufron juga berkesempatan mengunjungi Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta untuk memastikan implementasi antrean online dan penggunaan NIK sebagai nomor peserta Program JKN-KIS di rumah sakit terimplementasi.dengan

Baca Juga   Yuk kenali label warna pada obat menurut Kemenkes

Dalam kunjungannya, Ghufron berkesempatan mengecek secara langsung alur pelayanan yang ada di RS Bethesda Yogyakarta, mulai dari peserta yang mengambil nomor antrean, baik secara maupun melalui alampanak aplikasike J ten manual. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa fasilitas kesehatan melaksanakan komitmen layanan dengan baik.

“RS Bethesda Yogyakarta sudah memiliki sistem informasi melalui aplikasi. Namun dengan adanya kolaborasi dengan BPJS Kesehatan dengan aplikasi Mobile JKN, maka sistem ini akan semakin baik dan mempermudah pasien dalam berobat,” ujar Direktur RS Bethesda Yogyakarta, Purwoadier Sujatno kun saat hutan J.

Purwoadi menjelaskan, RS Bethesda Yogyakarta juga mengembangkan inovasi pelayanan dengan menggunakan elektonik rekam medis. Segala pelayanan yang diterima oleh pasien terekam secara elektronik dalam sebuah aplikasi milik rumah sakit.

Sebelum melakukan pemeriksaan pasien, dokter cukup melihat riwayat pelayanan sebelumnya dalam aplikasi tersebut dan menginputkan pelayanan selanjutnya yang diberikan kepada pasien.

Baca Juga:
Peserta BPJS Kesehatan dimudahkan Antrean Online RS Tentara Bhakti Wira Tamtama

“Dokter bisa mengetahui rekam medis pasien dari aplikasi tersebut. Selanjutnya, dokter tersebut menginput pelayanan atau tindakan yang diberikan kepada pasien,” kata Purwoadi.

.


Source link