BPJS Kesehatan menyatakan siap melaksanakan Inpres 1/2022

klarifikasi. Petugas yang bertugas di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Barat, Senin (13/12/2021). ANTARA FOTO / Dhemas Reviyanto / YU

Reporter: Ratih Wasiso | editor: Tendy Mahdi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Dalam rangka meningkatkan pelaksanaan program JKN-KIS dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan, Presiden Indonesia Joko Widodo telah memerintahkan 30 kementerian/lembaga melalui Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022, untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan. langkah strategis sesuai tugas, tugas dan wewenangnya.

Sebagai penyelenggara program JKN-KIS, BPJS Kesehatan menyatakan siap melakukan kerja sama kolektif dengan puluhan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Direktur BPJS Kesehatan, Gavron Mukti, mengatakan terbitnya Perpres Nomor 1 Tahun 2022 ini menjadi titik awal penguatan kerjasama BPJS Kesehatan dengan 30 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk meningkatkan sinergi dalam pelaksanaan program JKN-KIS.

Menurut Gufron, program JKN-KIS merupakan program strategis pemerintah yang berdampak signifikan bagi masyarakat, oleh karena itu diperlukan peran serta pemangku kepentingan untuk menjaga ekosistem yang sehat dan optimal bagi terselenggaranya program JKN-KIS. Gufron menegaskan pihaknya siap melaksanakan serangkaian rencana aksi untuk mengeluarkan instruksi presiden.

Baca juga: BP Jamsostek siap menawarkan manfaat Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

“Dalam hal mengakses layanan JKN-KIS dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), kami telah mengintegrasikan data kepesertaan dengan Kementerian Dalam Negeri, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil untuk memudahkan akses peserta terhadap layanan kesehatan,” kata Govron dalam keterangan resminya. . Diterima Kontan.co.en, Minggu (6/2).

Ia menambahkan, BPJS Kesehatan juga akan memperluas kerja sama dengan kementerian/lembaga untuk memaksimalkan potensi penggunaan data program JKN-KIS dan penegakan kepatuhan. yang bersangkutan Menyelenggarakan program JKN-KIS.

Per 31 Desember 2021, iuran peserta JKN-KIS tercatat Rp 139,55 triliun. Untuk menjaga keberlangsungan program jaminan kesehatan ini, Ghufron meminta dukungan kementerian/lembaga terkait untuk menerbitkan regulasi agar peserta JKN-KIS selalu aktif dan membayar iuran tepat waktu.

Baca Juga   5 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

Sedangkan dari sisi peningkatan akses pelayanan kesehatan, pada tahun 2021 akan terdapat 23.608 fasilitas kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 2810 Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kerjasama dengan fasilitas kesehatan untuk memenuhi kebutuhan akses pelayanan kesehatan peserta JKN-KIS akan terus diperluas oleh BPJS Kesehatan.

Selain itu, kata Govron, pihaknya berupaya meningkatkan pelayanan promotif dan preventif dengan mengintensifkan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan memperkuat koordinasi antar penyelenggara jaminan kesehatan.

Baca juga: Inpres 1/2022 mengarahkan 30 K/L kepada pemerintah daerah untuk melobi peningkatan JKN

“Oleh karena itu, kami berharap pemerintah pusat dan daerah dapat mendorong ketersediaan tenaga kesehatan dan infrastruktur kesehatan, serta mengevaluasi, mengkaji dan menyempurnakan regulasi,” ujarnya.

Diharapkan kerjasama dengan 30 kementerian/lembaga, gubernur, wali amanat/walikota sebagaimana dimaksud dalam Inpres #1 Tahun 2022, akan mendorong percepatan Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkomitmen untuk menyukseskan program JKN-KIS. Kami optimis dengan adanya Inpres Nomor 1 Tahun 2022 dapat meningkatkan kerjasama kita untuk bersama-sama menjaga keberlanjutan JKN-KIS. program agar masyarakat dapat terjamin aksesnya terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas,” kata Govron.

Donasi, dapatkan voucher gratis!

Dukungan Anda akan meningkatkan semangat kami untuk memberikan artikel yang bermanfaat dan berkualitas tinggi.

Sebagai ungkapan terima kasih atas perhatian Anda, ada hadiah voucher gratis senilai donasi yang dapat digunakan untuk berbelanja di Toko KONTAN.



.


Source link