Nyata! Ini Tips Menjaga Kesehatan Alat Kelamin dari Pakar UGM: Okezone Education

Jakartakesehatan Alat kelamin itu penting dan harus dilindungi. Karena hal ini berkaitan dengan bagaimana menjamin keberlangsungan hidup manusia dari generasi ke generasi. Sehingga generasi selanjutnya akan lebih berkualitas dari generasi sekarang.

Kesehatan reproduksi dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Elsi Doy Habsari dari Departemen Keperawatan Ibu dan Anak, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadja Mada (FKKMK UGM). Undang-undang tersebut menyatakan bahwa kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat fisik, mental, dan sosial yang utuh.

Baca juga: Ujian Disertasi Dugaan Mismanagement Terjadi di Fakultas Hukum Unsrat الحقوق

Tidak hanya bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan sistem reproduksi, fungsi dan operasi pria dan wanita. Dengan memahami kesehatan reproduksi dengan baik, Anda dapat terhindar dari penyakit yang dapat ditimbulkannya, seperti penyakit menular seksual dan dapat mencegah kemandulan.

“Jika kita tidak memahami dan mengamalkannya dengan baik, maka kita akan mengarah pada pergaulan bebas, seks pranikah, dan tindakan-tindakan ekstrim seperti aborsi, yang justru dapat membahayakan kesehatan,” ujarnya, melansir laman resmi UGM di ugm.ac.id. , Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Reboisasi Hutan Lindung, PTPN V Gandeng Mahasiswa Ekonomi Mapala

Menjaga kesehatan reproduksi penting bagi pria dan wanita. Namun untuk praktek terapi, kata dia, ada beberapa perbedaan. Secara umum, untuk menjaga kesehatan reproduksi, sunat pada pria dianjurkan untuk mencegah penyakit menular seksual dan mengurangi risiko kanker penis.

Sedangkan bagi wanita dianjurkan untuk menjaga kelembapan area kewanitaan, memakai pakaian dalam yang mudah menyerap keringat, serta mengganti pakaian dalam dan pembalut secara rutin, terutama saat menstruasi. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mencuci alat kelamin.

Baca Juga   Jangan Tunda Self Love Jalani Hidup Sehat Demi Kesehatan Jantung

“Cara membersihkan alat kelamin wanita adalah dari depan ke belakang. Jika wanita lebih pendek antara saluran untuk buang air kecil, buang air besar dan melahirkan, risiko infeksi akan lebih tinggi. Perlu diperhatikan cara membersihkannya,” kata Elsie.

Bagi yang melakukan hubungan seks, Elsie mengatakan ada hal tambahan yang perlu diperhatikan.

“Bagi yang aktif secara seksual, wanita dianjurkan untuk buang air kecil dan besar sebelum berhubungan, dan orang yang sudah menikah harus rutin melakukan pemeriksaan penyamakan kulit. Jika belum menikah, usahakan untuk tidak berhubungan seks dulu, setia pada pasangan (tidak gonta-ganti), dan jika anda melakukan hubungan seks harus ada diafragma (kondom), dan anda harus saling terbuka, pernahkah anda mengatakan “tidak ada keluhan”.

Elsie menambahkan, remaja juga perlu memiliki informasi dan pengetahuan tentang alat kelamin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehamilan yang tidak diinginkan, penyakit menular seksual, dll.

Dia menyimpulkan: “Remaja mulai mengenal lawan jenis dan mulai mencintai mereka, jadi remaja harus belajar bagaimana memiliki hubungan yang sehat, belajar bagaimana menjaga alat kelamin mereka, dan bagaimana mempraktikkan perilaku seksual yang baik.”


Source link