Kemenkes Ikut Dorong Literasi Digital untuk Optimalkan Layanan Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia telah memasuki masa digitalisasi hampir di semua bidang, termasuk pada layanan kesehatan. Chief Operating Officer (COO) Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Daniel Oscar Baskoro menambahkan, transformasi layanan kesehatan mengalami beberapa tantangan.

“Di antaranya adalah dari sisi teknologi dan sumber daya manusia. Transformasi ini tidak hanya berfokus pada digitalisasinya saja, tapi juga pendekatan di sisi platform dan penyamaan standardisasinya, serta tata bisa lelogibalayh me gar ,” Daniel pada acara Digital Transformation Virtual Expo Wantiknas, Kamis (3/2).

Daniel menyebut, literasi digital Indonesia perlu menghargai agar teknologi dan layanan yang tersedia bisa lebih optimal, mengingat literasi akan teknologi tiap daerah berbeda-beda.

Kemenkes sendiri telah memegang peta jalan (roadmap) kegiatan prioritas transformasi teknologi kesehatan hingga tahun 2024. , rumah sakit, laboratorium, dan apotek.

Prioritas berikutnya, pengembangan ekosistem teknologi kesehatan, dengan terwujudnya kolaborasi dan ekosistem inovasi kesehatan digital antara pemerintah, industri dan masyarakat.

Pada pengembangan ekosistem teknologi kesehatan, Kemenkes juga memperluas telemedis dan implementasi regulasi Berkhusus inovasi bioteknologi dan pengembangan dari desain arsitektur yang sudah ada tahun 2021.

Selanjutnya, Kemenkes mengembangkan platform ekosistem kesehatan digital Indonesia Health Services (IHS) yang menyediakan konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung dan mengintegrasikan berbagai aplikasi kesehatan Indonesia.

“Selain itu, ekosistem teknologi digital dalam penanganan pandemi sendiri sekarang sudah digitalisasi semua aspek tanggap COVID-19 berbasis strategi 3T (testing, tracing, treatment) dan vaksinasi,” ujar Daniel.

Efani Angreini/UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sumber : https://m.antaranews.com/berita/2682029/kemenkes-ungkap-tantangan-digitalisasi-layanan-kesehatan-di-indonesia

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan mengetik kata kunci yang diinginkan.

.


Source link