Ulat sagu ternyata bermanfaat bagi kesehatan lho?

SUKABUMIUPDATE.com – Meski terdengar menjijikkan, ternyata Ulat Sagu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang sayang untuk dilewatkan.

Ulat ini memiliki kandungan protein yang tinggi, selain mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, mineral, zat besi, fosfor, seng, kalium dan magnesium.

Sampai saat ini, ulat sagu dapat ditemukan di pohon sagu yang membusuk. Penduduk Indonesia bagian timur sering mengkonsumsi gorengan ini mentah atau mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan seperti sate.

Lalu apa saja manfaat Ulat Sagu? Dilihat dari alodokter.com, inilah manfaat Ulat Sagu untuk kesehatan.

1. Dapat meningkatkan kekuatan otot

Kandungan protein ulat sagu yang tinggi diketahui dapat meningkatkan massa otot sekaligus kekuatan otot.

Selain itu, tubuh juga membutuhkan kandungan protein untuk dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Dapat meningkatkan mood

Keunggulan ini diyakini berasal dari kandungan asam amino esensial tirosin dan lisin pada Ulat Sagu.

Kedua asam amino tersebut digunakan oleh tubuh untuk mendukung produksi hormon dopamin, yang berguna untuk meningkatkan mood dan mengatasi stres emosional.

3. Dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh

Kandungan lisin dalam Ulat Sagu tidak hanya untuk meningkatkan mood, tetapi juga bermanfaat untuk penyerapan kalsium pada sistem pencernaan.

Kalsium sendiri baik untuk menjaga kesehatan dan stamina, sehingga tulang menjadi kuat, tidak rapuh dan mudah patah.

4. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan mineral zinc pada jentik sagu berperan dalam memperkuat sistem imun tubuh.

Kandungan mineral ini dapat membantu membuat sel kekebalan baru sehingga tubuh dapat melawan berbagai kuman penyebab penyakit dan infeksi.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang tinggi pada jentik sagu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga fungsi kardiovaskular.

Baca Juga   Mengandung Vitamin C, B3, Serat Dll, Ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Jika asupan kalium tercukupi, tekanan darah akan tetap normal dan kadar garam berlebih dalam tubuh akan berkurang dengan ekskresi melalui urin.

Dengan cara ini, tubuh menjadi terlindungi dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi seperti penyakit jantung dan stroke.

6. Kadar kolesterol dalam tubuh dapat diturunkan

Kandungan Vitamin E pada Ulat Sagu diketahui memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Dengan cara ini, risiko berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dapat dikurangi.

Namun, meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Anda harus menjaga kebersihan dalam mengonsumsi ulat sagu. Pastikan untuk mencucinya sebelum memakannya.

Manfaat ulat bulu ini memang sangat beragam, namun masih perlu dilakukan penelitian untuk memastikan khasiat dan keamanannya jika digunakan sebagai obat penyakit.

Karena itu, jika Anda memiliki kondisi tertentu, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi ulat sagu.

.


Source link