Jarang Ada, Ini 4 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan Tubuh

Bukan hanya lezat, ubi ungu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki rasa yang manis, jenis umbi-umbian ini juga bertekstur lembut dan dipercaya mampu menjaga kesehatan mata, menjaga berat badan, hingga mencegan kanker. Ubi ungu juga banyak dilah menjadi berbagai macam camilan dan makanan lho. Jenis ubi berwarna ungu cerah ini diketahui masih satu keluarga dengan kentang, yang juga kaya akan serat dan berbagai nutrisi, seperti kalium, protein, biotin, dan fosfor.

Sementara itu, ubi ungu juga diketahui memiliki lebih rendah kalori dibandingkan dengan kentang, serta memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi, yakni vitamin C, vitamin B, dan vitamin A. . Nah, berikut beberapa manfaat ubi ungu yang dirangkum dari alodokter dan Halodoc.

1. Menjaga Berat Badan

Adanya kandungan serat dalam ubi yang tidak diketahui dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Dengan begitu ubi dianggap tepat bila ingin dikonsumsi saat kamu sedang menjalani diet sehat atau menjaga berat badan. Manfaat tersebut didukung dengan adanya karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya.

2. Menegah Kanker

Ubi ungu yang bercita rasa manis ini juga memiliki kandungan antosianin, yakni zat pemberi warna ungu pada umbi dan juga bersifat antioksidan. Senyawa yang diketahui mampu membantu melawan paparan radikal bebas yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker, terutama usus besar, ginjal, dan payudara.

3. peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Adanya vitamin A (beta karoten) dan juga vitamin C di dalam ubi ungu ini merupakan jenis vitamin antioksidan terkuat. Meskipun hampir semua ubi memiliki kandungan vitamin A, tetapi di ubi ungu jumlahnya terbilang lebih banyak. Selain itu viramin C yang terkandung di dalamnya juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian tubuh akan terlundungi dari bahaya infeksi.

Baca Juga   7 Khasiat Labu Pahit Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

4. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Ternyata ubi ungu juga memiliki kandungan gula alami lho. Akan tetapi walaupun dianggap berada dalam kisaran glikemik yang cukup rendah, kandungan serat yang ada dalam ubi ungu justru dinilai dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Itulah keempat manfaat ubi ungu untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi ubi ungu ini untuk mendapatkan beragam manfaat. Akan tetapi sebaiknya kamu tidak berlebihan ketika mengonsumsinya.

.


Source link