5 Tips Menjaga Kesehatan Mental dan Kaitannya dengan Kategori Terpopuler di Tokopedia

Liputan6.com, Jakarta – Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar dari kita harus lebih banyak berada di rumah. Kegiatan di luar rumah pun banyak yang dibatasi. Dengan segala sesuatu yang berubah, kesehatan mental jadi masalah yang kerap dihadapi masyarakat belakangan ini.

Secara fisik tidak banyak kegiatan yang dilakukan, hal itu justru jadi masalah untuk sebagian orang sehingga mempengaruhi mental mereka. Menurut Psikolog, Indah Sundari, M.Psi, keluhan psikosomatis adalah contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi.

“Artinya, seseorang bisa merasa sakit secara fisik tetapi tidak ada gejala fisik. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres, panik, ataupun kecemasan. Burnout juga menjadi tantangan mental lainnya,” terangnya dalam pertemuan media virtual Hari Pers Nasional: Penyembuhan Diri Lewat Berkarya Bareng Tokopedia, Selasa, 8 Februari 2022.

Situasi ini masyarakat mencari berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah, contohnya berolahraga atau melakukan hobi. “Tren tersebut membuat kategori Olahraga dan Hobi menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia sepanjang 2021,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Tokopedia bersama Indah pun membagikan tips lainnya agar masyarakat bisa lebih mudah menjaga kesehatan mental dari rumah.

1. Belajar Melukis atau Membuat Kerajinan Tangan

“Melakukan aktivitas seperti melukis ‘paint by numbers’ atau membuat kerajinan tangan, misalnya, bisa membantu mengembalikan energi positif sehingga produktivitas bisa ikut meningkat,” terang Indah. Di Tokopedia sendiri, produk melukis dengan angka atau alat lukis lainnya serta peralatan kerajinan tangan masing-masing meningkat hampir dua kali lipat sepanjang 2021 dibandingkan tahun 2020.

2. Meditasi dengan Menulis Jurnal Harian atau Membaca

Menulis jurnal harian dapat membantu seseorang untuk mengurai emosi-emosi negatif agar lebih mudah dijangkau. “Selain menulis, perbanyak kegiatan membaca buku, contohnya terkait pengembangan diri,” ucap Indah. “Penjualan buku tentang pengembangan diri di Tokopedia meningkat hampir dua kali lipat selama 2021 dibandingkan 2020,” timpal Ekhel.

Baca Juga   Kasus Antraks di Gunung Kidul, Kementan Terjunkan Tim Kesehatan Hewan

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan mengetik kata kunci yang diinginkan.

Survei di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Timur menunjukkan, angka depresi selama pandemi meroket, ke angka 246 juta kasus. Inipun hanya yang dilaporkan ke ahli kesehatan mental, mengingat masih adanya stigma terhadap gangguan kesehatan mental, teruta…

.


Source link