4 Manfaat Nanas bagi Kesehatan, Salah Satunya Atasi Gangguan Pencernaan

Selain memiliki rasa yang luar biasa dan menyegarkan, buah nanas ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga mengatasi gangguan pencernaan. Untuk memperoleh manfaat buah nanas, kamu bisa mengonsumsi buah nanas yang sudah matang. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus nanas, salad buah, atau puding nanas.

Buah nanas setidaknya mengandung berbagai nutrisi seperti protein, serat, karbohidrat, gula, vitamin A, folat, vitamin C, kalium, dan magnesium. Ada pula kandungan beragam nutrisi lain seperti kolin, vitamin B, selenium, antioksidan, zinc, dan bromelain. Merangkum dari alodokter dan Halosehat, berikut beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Ganguan Pencernaan

Ternyata buah nanas baik untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti dan tidak menoleransi makanan. Manfaat yang diperoleh karena adanya kandungan antioksidan, serat, dan zat bromelain yang dapat mencegah terjadinya dan membantu proses penceraan. Bahkan, penelitian juga mengungkapkan bahwa kandungan bromelain pada nanas bisa membantu meringankan peradangan usus yang disebabkan oleh penyakit kolitis ulseratif.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

kandungan kalisum yang terdapat pada buah nanas yang terlupakan dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu kandungan tembaga yang terdapat di dalamnya juga mampu memberikan efek yang sama terhadap kesehatan tulang. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang terdapat pada Kasus Klinis dalam Metabolisme Mineral dan Tulang di tahun 2006 silam. inilah yang menyatakan bahwa tembaga menjadi salah satu mineral yang memiliki peranan penting pada kesehatan tulang manusia. Sementara, bagi seseorang yang kekurangan asupan tembaga justru mengalami gangguan kesehatan tulang, termasuk penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis.

3. peningkatan Kesehatan Jantung

Buah nanas juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Hal tersebut diperoleh dengan adanya kandungan antioksidan, serat, serta kalium yang terdapat di dalamnya. Di mana semua konten ini dinilai baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mengontrolnya agar tetap stabil. Mengonsumsi buah nanas juga bermanfaat untuk membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Baca Juga   Pariwisata dan ancaman kesehatan global

4. Berat Menurunkan Badan

Ternyata kamu bisa menjadikan buah nanas sebagai tambahan dalam menu diet sehari-hari ketika menurunkan berat badan ataupun menjaganya agar tetap stabil. Nanas yang rendah kalori ini akan diperkaya dengan kandungan serat sehingga dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, terdapat beberapa riset yang mengungkapkan bahwa nanas dapat membantu meningkatkan proses metabolisme lemak. Dengan demikian berat badan akan lebih mudah dikendalikan.

Itulah beberapa manfaat buah nanas yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun demikian, bila Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsinya, jangan salahnya untuk melakukan konsultasi dengan dokter yang ada di daerahmu.

.


Source link