Antrean Online Persingkat Waktu Tunggu Pasien JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan

BPJS Kesehatan berupaya memberikan kemudahan akses layanan kepada peserta JKN KIS

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — BPJS Kesehatan berupaya memberikan kemudahan akses kepada peserta Program Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui implementasi antrean on line di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan mengatakan bahwa foto dan fasilitas kesehatan terus bersama-sama meningkatkan kualitas layanan demi menjaga kepuasan peserta JKN-KIS.

“FKTP adalah garda terdepan yang diakses peserta pertama kali appabila membutuhkan layanan kesehatan. Pengembangan antrean on line ini diharapkan mampu mempersingkat waktu tunggu peserta,” katanya saat mengunjungi Klinik Mitra Sehat Yogyakarta, Selasa (8/2/2022) lalu.

Dia menjelaskan, sistem antrean on line ini memberikan banyak manfaat bagi peserta JKN-KIS. Dengan antrean on line dapat mengurangi pasien di ruang tunggu. Selain itu, pasien lebih mendapatkan kepastian waktu tunggu untuk berobat ke FKTP.

“Antara.” on line ini dapat diakses oleh peserta JKN-KIS melalui Aplikasi Mobile JKN. Prosesnya pun lebih praktis dan mudah diakses,” ujarnya.

Untuk itu, dia terus mendorong peserta JKN-KIS untuk memanfaatkan antrean on line dalam Aplikasi Mobile JKN. Apalagi dengan inovasi terbaru yang mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan sistem di FKTP, peserta sudah bisa mendapatkan pelayanan yang cukup dengan menyebutkan NIK dan menunjukkan e-KTP.

Pada kesempatan tersebut, Edwin mengapresiasi upaya yang dilakukan FKTP dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS di masa pandemi Covid-19. Harapannya, dengan berbagai upaya yang diimplementasikan, dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS dalam mendapatkan pelayanan.

Dalam langsungnya, Edwin juga berkesempatan mengecek langsung alur pelayanan yang ada di Klinik Mitra Sehat. Mulai dari pendaftaran, kesiapan dokter dan tenaga medis dalam melayani peserta hingga melihat sarana dan prasarana. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa fasilitas kesehatan melaksanakan komitmen layanan dengan baik.

Baca Juga   Selain Menurunkan Kolesterol Jahat, Ini Manfaat Wortel untuk Kesehatan

“Berbagai upaya memang terus dilakukan oleh fasilitas kesehatan untuk memudahkan peserta. Dengan banyaknya layanan” on line, harapannya peserta semakin mudah untuk mendapatkan pelayanan tanpa waktu tunggu yang lama,” tambah Edwin.

Pimpinan Klinik Mitra Sehat, Niken Palupi menambahkan, sangat berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi semua peserta yang mengakses layanan tanpa pembedaan, baik itu peserta JKN-KIS atau. Kemudahan akses layanan terus dikembangkan agar pasien tidak menemui kendala dalam pelayanan. Salah satunya dengan mengembangkan antrean on line yang terhubung dengan aplikasi Mobile JKN.

“Kami juga terus mengedukasi peserta JKN-KIS untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN dan memanfaatkan layanan antrean on line ini Semoga meningkat dapat lebih dikembangkan sehingga kepuasan para peserta,” ungkap dia.

.


Source link