4 Manfaat Potasium untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Terlihat!

Kalium atau potasium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan oleh tubuh karena keseimbangan yang cukup besar dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, memanfaatkan dan memecah karbohidrat, serta membangun protein.

Dengan asupan kalium yang tepat, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Mineral ini juga berguna dalam membentuk otot, mengontrol keseimbangan asam-basa tubuh, aktivitas listrik di saraf serta jantung, dan juga menjaga pertumbuhan tubuh yang normal.

Selain itu, potasium juga masih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti yang telah dirangkum dari alodokter dan Halo sehat.

Berikut 4 manfaat potasium untuk kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui:

1. Menurunkan Risiko Stroke

Dengan mengonsumsi makanan yang terkandung di dalamnya dapat dipercaya dapat membantu dalam membantu menurunkan risiko stroke hingga 20 persen. Terutama pada stroke iskemik, yaitu stroke yang disebabkan oleh adanya peningkatan darah yang menyumbat pembuluh darah.

meningkatkan asupan potasium serta mengurangi garam dalam makanan bisa membantu menurunkan tekanan darah, sehingga risiko penyakit stroke dan jantung juga akan semakin berkurang.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Perlu diketrahui bahwa kalium merupakan salah satu elektrolit penting yang dibutuhkan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sementara itu, tingkat elektrolit dalam tubuh dapat berubah sewaktu-waktu, entah terlalu tinggi atau justru rendah.

Hal semacam ini dapat terjadi karena jumlah udara dalam tubuh terus berubah. Oleh karena itu jumlah air yang kamu minum harus sama dengan jumlah yang hilang. Jika keseimbangan sudah jelas Anda akan mengalami dehidrasi.

Beruntungnya potasium memiliki fungsi penting dalam menentukan jumlah udara dalam sel tubuh. Karenanya penting bagi kamu untuk memastikan asupan kalium dan juga garam agar dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga   Era Transformasi Digital akan Memunculkan Profesi Baru, Ini Pekerjaan Bidang Teknologi Informasi yang Paling Diburu

3. Menurunkan Risiko Terserang Diabetes

Menurut sebuah penelitian, kurangnya asupan potasium dalam tubuh dipercaya dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan juga diabetes tipe 2. Meskipun demikian, studi lebih tetap diperlukan untuk mendukung pernyataan ini.

Akan tetapi tidak ada salahnya bila kamu mengonsumsi makanan yang mengandung potasium sehingga dapat menurunkan risiko terserang diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang diperkaya akan kandungan potasium yang diduga bisa mencegah osteoporosis, khusunya untuk kalangan wanita lanjut usia.

kalium sendiri dipercaya dapat mengurangi kalsium melalui urin dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mendukung pernyataan ini.

Meskipun potasium penting untuk tubuh, tetapi kamu juga tidak boleh lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi lainnya agar tetap seimbang. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter gizi mengenai manfaat potasium serta cara mendapatkannya secara optimal.

.


Source link