Simak Ketentuan Protokol Kesehatan Sistem Bubble MotoGP Mandalika

TEMPO.CO, Jakarta -Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 5/2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Gelembung pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi Penyakit virus corona 2019 (Covid-19).

Adapun protokol ketentuan kesehatan yang tertuang dalam SE adalah sebagai berikut:

1. Pelaku sistem gelembung MotoGP 2022 di Mandalika yang terdaftar secara resmi sebagai pembalap dan resmi memasuki kawasan gelembung melalui pintu masuk kedatangan internasional Bandar Udara (Bandara) Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

  1. sistem pelaku gelembung selain pembalap dan ofisial yang berstatus warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) dapat memasuki kawasan gelembung melalui pintu masuk internasional dengan mekanisme sebagai berikut:
  2. Transit melalui pintu masuk kedatangan internasional sebagaimana ditetapkan dalam Surat Keputusan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 tentang Pintu Masuk (Titik masuk), Tempat Karantina, dan Kewajiban RT-PCR bagi WNI Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang kemudian melakukan perjalanan domestik lanjutan ke kawasan gelembung; atau
  3. langsung dan masuk melalui pintu masuk penerbangan internasional Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.
  4. Bagi pelaku sistem gelembung yang masuk ke kawasan gelembung MotoGP 2022 di Mandalika yang dari perjalanan luar negeri melalui pintu masuk kedatangan sebagaimana dimaksud pada angka 2, wajib untuk melakukan tindakan dan mendapatkan hasil negatif pada pemeriksaulang RT atgan. Pemeriksaan RT-PCR kedua untuk menyelesaikan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam SE Satgas Penanganan Covid-19 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 sebelum kemudian melanjutkantik perjake gelembung.
  5. Seluruh pelaku sistem gelembungberdasarkan hasil kerja tenaga pendukung, wajib melaksanakan aktivitas kegiatan MotoGP ketentuan kelompok gelembung sebagai berikut:
    sebuah. Kelompok gelembung satu yang terdiri atas pembalap dan ofisial;
    B. Kelompok gelembung dua yang terdiri atas penonton, jurnalis, dan VVIP; dan
    C. Kelompok gelembung tiga yang terdiri atas petugas atau panitia.
  6. Pada saat kedatangan di pintu masuk kedatangan internasional di Lombok, seluruh pelaku sistem gelembung, semangat bagi tenaga pendukung, wajib mengikuti ketentuan/persyaratan sebagai berikut:
  7. pendaftaran kartu atau sertifikat (fisik maupun digital) telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap empat belas hari sebelum keberangkatan yang tertulis dalam bahasa Inggris selain dari bahasa negara ketagan/widaterah as situs web Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau e-HAC Internasional Indonesia;
  8. hasil negatif melalui pemeriksaan RT-PCR di negara/wilayah asal yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatanC atauional e-HA;
  9. Khusus bagi pembalap, ofisial, petugas atau panitia, VVIP, dan jurnalis, menunjukkan bukti dokumen resmi keterlibatan dalam kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika;
  10. Khusus bagi penonton, menunjukkan bukti konfirmasi pemesanan dan pembayaran (pemesanantiket dan/atau tempat penginapan di kawasan gelembung;
  11. Bagi pelaku sistem gelembung yang berstatus WNA, memenuhi syarat bagi tenaga pendukung, wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  12. kunjungan visa atau izin masuk lainnya sesuai ketentuan peraturanan yang berlaku; dan
  13. bukti kepemilikan asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal US$ 25 ribu yang mencakup pembiayaan penanganan Covid-19 dan pengiriman medis menuju rumah rujukan rujukan.
  14. pemeriksaan suhu tubuh dan pemeriksaan RT-PCR pada saat kedatangan di pintu masuk kedatangan internasional;
  15. Dalam hal pemeriksaan negatif RT-PCR pada saat kedatangan di pintu masuk kedatangan internasional sebagaimana dimaksud dalam huruf f menunjukkan hasil, maka pelaku sistem gelembung (terkecuali bagi tenaga pendukung) dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan hingga penjemputan dan pengantaran ke lokasi tujuan sesuai dengan kelompok gelembung-nya.



.


Source link

Baca Juga   BKKBN gelar layanan kesehatan di Lapas Kelas II A Purwokerto