Kampung Kesehatan Cairkan BLT ADD Pertama

Pemerintah Kampung Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang mengalirkan BLT ADD langsung dua bulan (Januari-Februari) di awal tahun 2022, Rabu (9/2/2022). DEDE/RAKYATACEH.COM

HARIANRAKYATACEH.COM Puluhan kepala keluarga (KK) warga Kampung Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang telah menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari alokasi dana desa (DD) tahun anggaran 2022.

“Ada 72 KK yang menerima BLT tahap awal tahun 2022 ini untuk bulan Januari-Februari atau dua bulan langsung kita salurkan sebesar Rp 600 ribu/KK,” kata Datok Penghulu (Kades) Kampung Kesehatan, Syariful Alam dimisang (10) 2/2022) .

Penyaluran BLT ADD Kampung Kesehatan sejak dinahkodai Syariful Alam selalu menjadi yang tercepat baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten. Ia menyadari sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat untuk mengalirkan bantuan sosial (BLT) kepada masyarakat harus bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Semua proses administrasi sudah diselesaikan dan sudah dilakukan penarikan uang ADD. Jadi enggak ada tunggu lama-lama lagi langsung kita cairkan. Mana boleh uang yang sudah diamanahkan pemerintah itu kita tahan-tahan lagi, harus disalurkan terus,” ujar datok Syariful.

Datok mantan jurnalis ini pun sangat mengapresiasi kinerja perangkatnya yang selama ini membantu membantu sebagai pemimpin di kampung yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 1000 jiwa.

“Saya mengapresiasi perangkat Kampung Kesehatan, artinya sudah semaksimal mungkin mereka bekerja sehingga posisi Kampung Kesehatan dalam hal penyebaran BLT selalu bisa lebih awal,” tutur Syariful Alam.

Dia menjelaskan, selama ini penyebaran BLT ADD Rp 300/bulan dilakukan secara bergilir bagi warga yang kurang mampu terutama warga mendirikan pandemi Covid-19. Semua warga yang berhak dan layak menerima BLT melalui dana desa ini akan dibantu sesuai auran yang berlaku kecuali PNS dan penerima PKH atau bansos lainnya.

Sifatnya bergilir. Kan, enggak semua dana desa ini diperuntukan untuk BLT, ada juga untuk kebutuhan lain. Jadi bagi warga yang belum dapat artinya tunggu giliran,” terangnya.

Baca Juga   Cara Daftar Antrean BPJS Kesehatan Online via Mobile JKN

“Tapi kalau kita kroscek di lapangan, rasanya kalau warga Kampung Kesehatan ini lebih kurang 500 KK enggak ada yang tidak dapat bantuan, baik yang di bawah, di tengah maupun di atas semua sudah.

Camat Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang Iman Suhery menyatakan, Kampung Kesehatan merupakan salah satu kampung yang taat administrasi maupun dalam hal laporan kegiatan penggunaan dana ADD setiap tahun.

“Ada juga kampung lain di Kecamatan Karang Baru yang sudah mengalirkan BLT-nya kepada masyarakat, salah satunya Kampung Kesehatan selalu menjadi yang tercepat,” kata Bayu sapaan akrab Camat Karang Baru ini. (dd)


Source link