Sering Dianggap Remeh, Ini 4 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Meskipun banyak minuman yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi asupan cairan harian, tetapi air putih menjadi jenis minuman yang paling baik dikonsumsi. Hal ini dikarenakan udara bebas dari kalori dan gula sehingga dianggap lebih menyehatkan. Tidak hanya dapat menghilangkan dahaga saja, sebenarnya air putih juga menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan. Kamu disarankan untuk bahkan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap hari.

Sedangkan bagi wanita hamil juga disarankan agar mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hati. Sementara itu, untuk wanita yang disarankan menyarankan agar mengonsumsi sebanyak 3 liter air per hari. Berikut beberapa manfaat meminum air putih bagi kesehatan yang telah dirangkum dari alodokter dan Halo sehat.

1. Menjaga agar Kulit Tetap Bercahaya

Sebenarnya kulit menyimpan kandungan udara dalam jumlah banyak yang berfungsi untuk mencegah cairan tubuh berlebihan. Namun demikian, kamu tidak bisa berharap bahwa kelebihan cairan tubuh dapat membantu menghilangkan kerutan serta garis pada kulit. Oleh karena itu sebaiknya Anda memenuhi konsumsi air putih dalam upaya menjaga kesehatan kulit. Dengan demikian kulit akan tetap terlihat segar dan bercahaya.

2. Membantu Mempertahankan Fungsi Usus yang Normal

Jika Anda minum air putih dalam jumlah yang cukup, maka makanan yang Anda konsumsi akan lancar dalam melewati saluran pencernaan serta mencegah terjadinya peristiwa atau penyakit konstipasi. Akan tetap, jika kamu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang sedikit dan tidak mencukupi kebutuhan harian, ini bisa menyebabkan usus menyerap cairan dari fases untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Dengan demikian kamu akan mengalami dan susah buang air besar.

3. Mencegah Kesehatan Otot dan Sendi

Baca Juga   5 Jurusan Kuliah Kesehatan yang Selalu Dibutuhkan di Dunia Kerja

Mengonsumsi air putih dengan rutin akan membantu meningkatkan kekuatan dan juga kelenturan sendi serta otot tubuh. Dengan begitu otot tidak akan kaku dan tubuhmu akan tetap segar serta terhindar dari rasa cepat lelah saat beraktivitas atau bergerak.

4. Mencegah Batu Ginjal

Dalam sebuah penelitian bahwa minum air putih yang cukup dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal ataupun penyakit ginjal yang pernah dialami orang sebelumnya. Hal ini dapat disebabkan asupan cairan yang cukup dapat membantu karena proses pembuangan sisa metabolisme melalui udara atau urin dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan munculnya batu ginyatal.

Bukan hanya dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harianmu, dengan mengonsumsi air putih kamu akan mendapatkan sedikitnya empat manfaat tersebut. Akan tetapi kamu juga harus tetap mempertahankannya dengan menerapkan pola hidup sehat.

.


Source link