Direktur BPJS Kesehatan Tinjau Pelayanan di Klinik Srikandi Semarang, Pastikan FKTP Berjalan Baik

TRIBUNJATENG.COMSEMARANG – Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal meninjau langsung pelayanan kesehatan di Klinik Srikandi, Semarang, Rabu (9/2/2022).

Hal itu untuk memastikan agar pelayanan yang diberikan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tersebut kepada peserta JKN-KIS selama masa pandemi ini tetap berjalan dengan baik.

Afdal menjelaskan piramida sistem dalam Program JKN-KIS yang mendorong pelayanan primer seperti FKTP menjadi penjaga gerbang pelayanan kesehatan dan tulang punggung Program JKN-KIS, sehingga peran FKTP ini perlu.

Pasalnya, FKTP ini merupakan kontak pertama individu dan keluarga dengan sistem pelayanan kesehatan.

“Kami wajib memastikan FKTP dalam menjalankan aktivitas pelayanan kesehatan berpedoman kepada 4 fungsi pelayanan primer. FKTP diharapkan sebagai kontak pertama jika ada orang sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan dengan JKN-KIS, dia akan selalu mengingat FKTP-nya bukan rumah sakitnya. Itu paradigma penting yang wajib ditanamkan,” kata Afdal dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, prinsip kontinuitas, koordinasi, dan komprehensivitas layanan juga merupakan fungsi pelayanan primer yang harus dikelola dengan baik oleh FKTP.

Ia berharap FKTP dapat memberikan pelayanan primer secara tuntas kepada peserta JKN-KIS, karena manfaat jaminan kesehatan adalah sifat pelayanan kesehatan yang mencakup pelayanan promotif dan preventifburisikokitsau sepatu.

“Jika fungsi-fungsi tersebut dapat dijalankan dengan baik, Program JKN-KIS akan dapat berjalan dengan baik dan optimalisasi pelayanan prima dapat tercapai,” imbuhnya.

Sejalan dengan harapan tersebut, BPJS Kesehatan juga terus berbenah dan sejalan. Seperti adanya layanan antrean online di aplikasi Mobile JKN, pasien JKN-KIS tidak perlu antre berlama-lama, sehingga mencegah terjadinya kunjungan. Selain itu adanya layanan konsultasi dokter melalui aplikasi Mobile JKN.

Tak hanya efisien, keamanan data diri peserta saat mengakses fitur konsultasi dokter di aplikasi Mobile JKN juga terjamin kerahasiaannya.

Baca Juga   WHO: Covid-19 Hantam Layanan Kesehatan Dasar di Lebih dari 90% Negara

Sementara itu, dokter klinik Srikandi, Anita Kustandriani menyampaikan terima kasih atas kunjungan BPJS Kesehatan dalam supervisi kali ini.

berkomitmen mempertahankan pelayanan kesehatan dengan baik dan terus meningkatkan kualitas pelayanan sehingga bisa menjadi contoh bagi klinik lainnya.

“Apalagi saat ini BPJS Kesehatan memiliki banyak terobosan dalam rangka pelayanan kesehatan. Prinsip kami sebagai pelayan kesehatan kami menyambut dengan baik sehingga peserta JKN-KIS yang datang ke klinik kami bisa berobat dengan nyaman,” tulisnya.




Source link