Bukan Hanya Menyegarkan, Ini 4 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh!

Tomat sering kali dinikmati dengan mengolahnya menjadi jus. Selain menyegarkan, ternyata jus tomat juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan, terutama karena buah tomat dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah yang identik dengan berbagai warna sering kali dianggap sebagai sayuran yang dapat dikonsumsi secara langsung atau justru diolah menjadi jenis masakan dan minuman.

Tomat mengandung likopen, yakni salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker. Dalam satu gelas jus tomat terdapat berbagai kandungan vitamin, seperti niasin, vitamin B, vitamin A, vitamin C, folat, vitamin E, asam pantotenat, dan lain sebagainya. Merangkum dari Halodoc dan Alodokter, berikut beberapa manfaat jus tomat yang akan kamu peroleh.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jus tomat yang menyegarkan dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan adanya kandungan likopen yang terdapat di dalamnya. Agar kamu bisa memperoleh manfaat ini, kamu hanya perlu menginsumsi 2 gelas jus tomat setiap hari. Mudah sekali untuk diterapkan, bukan?

2. Menegah Penyakit Diabetes

Ternyata buah tomat juga mengandung karbohidrat yang rendah lho, yaitu sekitar 4 gram untuk setiap 100 gram buah tomat. Sementara itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah tomat dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta pembuluh darah yang masih berkaitan dengan diabetes tipe 2.

3. Membantu Pencegahan Kanker

Dengan meminum satu gelas jus tomat setiap hari dapat membantu dalam mencegah berbagai bentuk kanker. Ini karena tomat memiliki kandungan likopen, di mana kandungan tersebut memiliki efek antiinflamasi dan anti-kanker. Keduanya berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kanker prostat, payudara, dan paru-paru.

4. Lindungi Kesehatan Jantung

Baca Juga   Ruang Berita | Kabupaten Bekasi

Tomat mengandung kandungan kalium dan juga vitamin E dan C. Kandungan kalium inilah yang berperan penting untuk menjaga tekanan darah dengan cara mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh. Sementara likopen di dalam jus tomat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan juga memperkuat arteri. Dengan demikian kesehatan jantungmu akan tetap terlindungi dan terjaga.

Demikian beberapa manfaat jus tomat bagi kesehatan tubuh. Jika kamu memiliki kondisi sensitif terhadap jus tomat, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim medis untuk menemukan solusi yang tepat!

.


Source link