Peningkatan Penggunaan Teknologi pada Anak, Kemenkominfo Akan Ciptakan Online Safety

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan terjadinya perubahan terhadap aktivitas manusia, termasuk rutinitas yang dilakukan anak-anak. Pasalnya, saat ini anak-anak juga menjalankan aktivitas pembelajarannya dari rumah.

Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa kemajuan teknologi yang begitu cepat dan pesat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjalankan akivitas sehari-hari, terutama dalam mengakses segala macam bentuk informasi. Ketua Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 2022, Mira Tayyiba, mengatakan bahwa Kementerian Kominfo kemudian mengangkat isu-isu digital mengenai impulsivitas, memberdayakan, dan berkelanjutan.

Baca Juga: Soroti Konektivitas Digital, Kementerian Kominfo Berkomitmen Pemerataan di Daerah Non Komersial 3 T

Pasalnya, kata Mira, pandemi Covid-19 membuat urgensi kehadiran dan pemanfaatan teknologi digital. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 membuat mobilitas dan aktivitas fisik dibatasi.

“Karenanya, untuk bertahan dan berkembang, kita harus bermigrasi ke ruang digital,” kata Mira Tayyiba dalam acara Konektivitas Digital dan Pemulihan Pascapandemi Covid-19 di Soft Talk DEWG, Jumat (11/2/2022).

Meskipun Indonesia adaptif dengan teknologi digital, Sekjen Mira Tayyiba mengakui masih terdapat kelompok masyarakat yang belum memiliki kesempatan dalam menggunakan layanan digital. Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kominfo, sangat konsen terhadap isu itu. Sebab, bila tidak ditangani secara cepat dan tepat akan menyebabkan semakin melebar atau paradoks digital.

“Kesenjangan tidak hanya terkait dengan keberadaan infrastruktur, bukan hanya masalah spasial,” kata Mira.

Mira menyebut pembangunan infrastruktur tidak hanya pada daerah komersial, melainkan daerah nonkomersial 3 T (terdepan, terluar, tertinggal). Selain infrastruktur, kata Mira, DEWG juga membahas layanan digital impulsive yang untuk kelompok rentan seperti anak.

“Anak-anak tidak mungkin tidak bersinggunngan dengan digital karena sekolah saat ini berbasis on lineungkap Mira.

Untuk itu, Kominfo mengangkat isu keamanan online agar dapat meningkatkan keamanan digital untuk kelompok anak-anak. Sementara itu, Co-Chair Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 2022, Dedy Permadi berharap Kementerian Kominfo dapat membuat anak-anak di Indonesia bijak dalam menggunakan internet secara positif dan produktif.

Baca Juga   Saham jatuh Jepang, suku bunga naik pukul saham teknologi

Investasi terbaik adalah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

.


Source link