5 Alasan Pentingnya Perusahaan Sediakan Asuransi Kesehatan bagi Karyawannya

Surya.co.id – Selain memberikan gaji pokok, perusahaan juga berkewajiban untuk memberikan beragam tunjangan yang dibutuhkan oleh setiap karyawannya. Salah satu jenis tunjangan yang umum diberikan oleh pihak perusahaan untuk para pekerjanya adalah jaminan kesehatan melalui penyediaan asuransi kesehatan.

Dengan adanya tunjangan kesehatan tersebut, perusahaan maampu menyediakan fasilitas perlindungan kesehatan pada karyawannya di luar gaji pokok yang diberikannya. Tunjangan kesehatan menjadi hal yang penting disediakan oleh perusahaan karena kondisi kesehatan dari pekerjanya bisa sangat mempengaruhi kinerja dan operasional bisnisnya.

Jika karyawannya rentan sakit hingga tidak bisa masuk kerja, tugas dan tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaan pasti akan terganggu dan berimbas menurunnya produktivitas. Pasti, ada beragam manfaat dan keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh perusahaan saat menyediakan perlindungan asuransi kesehatan pada karyawannya, antara lain sebagai berikut:

1. Mampu Turunkan Angka Ketidakhadiran
Salah satu hal yang umumnya menjadi penyebab karyawan tidak masuk kerja adalah karena sakit atau mengalami masalah kesehatan yang mengganggu.

Saat angka ketidakhadiran karyawan terbilang tinggi, sudah pasti operasional dan produktivitas perusahaan akan menurun dan tak optimal. Karena inilah alasan mempersembahkan asuransi kesehatan penting untuk dilakukan.

Ketika semua karyawan memiliki kondisi fisik yang sehat dan prima, kemungkinan untuk mengalami cedera saat bekerja akan semakin kecil. Hal tersebut tentu secara langsung akan meningkatkan pengalaman mereka untuk bekerja dan menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan.

Alhasil, perusahaan mampu mencapai target produktivitas atau operasionalnya dengan lebih cepat dan efisien.

2. Melengkapi Daya Tarik atau Keuntungan saat Proses Perekrutan
Setiap perusahaan pasti berusaha untuk menawarkan berbagai keuntungan dan tunjangan yang menarik minat calon pekerja yang kompeten dan berkualitas saat proses.

Baca Juga   Ekonom: Urusan kesehatan harus jadi prioritas pemerintah

Jika pada proses mendapatkan tenaga pihak perusahaan tak mampu memberikan daya tarik berupa manfaat pekerjaan yang didapat, kemungkinannya kecil untuk bisa bekerja yang sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan.

Sebaliknya, jika perusahaan mampu memberikan beragam keuntungan di luar gaji, seperti memberikan tunjangan kesehatan yang memenuhi segala kebutuhan calon karyawan, sudah pasti ada banyak tenaga kerja yang kompeten yanguk mela ter




Source link