Bahaya Perkembangan Teknologi bila Tidak Diiringi Kemampuan Literasi Digital

Kronologi, Jakarta – Perkembangan teknologi dan informasi akan sangat berbahaya bila tidak ditingkatkan dengan tingkat kemampuan literasi digital yang baik. Pasalnya, banyak konten-konten negatif yang menyebar di internet yang harus secara bijak kita tanggapi.

Demikian disampaikan anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan, dalam Seminar Merajut Nusantara yang digelar BAKTI Kominfo bekerja sama dengan Komisi I DPR RI dengan tema “Pemanfaatan TIK Sebagai Sarana Literasi Digital Dan Kecakapan Digital”, Jumat (11/2/2022).

“Internet memberikan banyak manfaat yang memudahkan kita berinteraksi dan mengakses informasi. Di sisi lain, penggunaan internet juga memiliki tantangan dengan banyaknya konten-konten negatif,” kata Krisantus.

Krisantus mengatakan, kemampuan literasi digital sangat penting dimiliki di tengah gencarnya informasi yang datang melalui media sosial. Karena, kepemimpinan, literasi digital mampu membangun kesadaran dan pola pikir kritis agar tidak mudah terprovokasi.


teks alternatif

Selain itu, kata dia, literasi digital juga diperlukan agar kota bertanggung jawab terhadap bagaimana menggunakan internet. Kemudian etika dalam berkomentar di internet serta membagikan informasi yang baik kepada masyarakat.

“Dengan literasi digital kita juga bisa memanfaatkan internet sebagai sarana mengembangkan diri. Kemudian mampu memilah dan memilih kata yang disampaikan,” ujar Krisantus.

Sementara, Ketua Dewan Pakar ISKI, Yuliandre Darwis, mengatakan, fenomena hari ini adalah pembangunan infrastruktur digital mulai dari Palapa Ring dan lain-lain. Sehingga, kepemimpinan, kita saat ini bisa mengalami sama rata sama rasa.

“Apa yang dialami di Jawa bisa langsung dirasakan di Kalimantan karena kemajuan teknologi yang didukung infrastruktur digital yang baik hari ini,” kata Yuliandre.

Narasumber lainnya dalam seminar itu yakni pegiat sosial, Rinda Amalia. Ia dalam kesempatan itu mengajak semua pihak untuk memanfaatkan internet dengan baik agar bisa menyebarkan informasi yang baik kepada banyak orang.

Baca Juga   Kenali Ini Si Blockchain Teknologi Ajaib di Balik Kehebatan Bitcoin

“Literasi Digital adalah kemampuan kreatif kita. Cakap bermedia digital itu artinya kita membaca dulu, menelaah dulu. Jangan sampai kita ikut menyebarkan berita bohong,” katanya.

“Ada tiga hal yang penting dalam belajar digital. Pertama logistik, kedua kritis, ketiga etis,” ucap Rinda.


Source link