Identik dengan Hari Valentine, Ini 5 Manfaat Cokelat bagi Kesehatan

Bulan Februari identik dengan nuansa hari valentine. Beragam ornamen dan aksesoris berbentuk hati, dominasi warna merah muda, dan kudapan khas valentine yaitu cokelat banyak ditemukan di mana-mana.

Cokelat selalu identik dengan hari valentine yang setiap hari tanggal 14 Februari. Cokelat memiliki cita rasa yang manis dan juga lezat. Cokelat juga dikenal sebagai makanan pembangkit gairah cinta. Selain menghadirkan kesan romantis bersama orang terkasih dan cocok dinikmati di hari valentine, ternyata cokelat memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh. Disadur dari Alodokter, ini manfaat cokelat bagi kesehatan.

1. peningkatan mood

Cokelat memang cukup populer sebagai makanan yang dapat meningkatkan mood. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat menurunkan hormon kortisol (hormon stres). Makan cokelat disebut mampu membuat otak untuk melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan serotonin yang dapat membuat Anda merasa.

2. Mengendalikan Nafsu Makan

Cokelat dapat memberikan efek kenyang bagi yang mengkonsumsinya. Memakan cokelat baik sebelum atau sebelum makan dinilai sangat efektif untuk mengurangi keinginanmu memakan camilan lainnya. Cokelat diyakini bisa mengendalikan nafsu makan. Makanan satu ini cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap ideal, jika tidak berlebihan dalam memakannya.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Cokelat memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu aliran darah. Sehingga, cokelat dinilai mengurangi terjadinya peristiwa di pembuluh darah. Karena memiliki manfaat tersebut, maka cokelat bisa dijadikan satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Hanya saja, hal ini diperlukan untuk penelitian lebih lanjut, sehingga konsumsi cokelat secukupnya saja dan jangan berlebihan.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Baca Juga   Panti Nyai Walidah Periksa Kesehatan Santri, Antisipasi Omricon | PWMU.CO

Kandungan flavonoid dalam cokelat dinilai mampu mengontrol kadar gula darah. Oleh karena itu, cokelat baik dikonsumsi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Kamu perlu lebih cermat dalam memilih cokelat yang akan dikonsumsi. Beberapa jenis cokelat yang beredar di pasaran telah diberi gula tambahan dan justru bisa menyebabkan diabetes bila dikonsumsi berlebihan.

5. Memelihara Fungsi dan Kesehatan Otak

Mengonsumsi cokelat juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid yang ada dalam cokelat dinilai mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain itu, kandungan epikatein dalam cokelat juga dapat menurunkan risiko penurunan fungsi otak yang dapat menyebabkan demensia atau pikun.

Itulah beragan manfaat cokelat yang baik untuk kesehatan. apakah kamu berencana memberi cokelat pada pasangan?

.


Source link