9 Khasiat Minyak Kayu Putih bagi Kesehatan, Bantu Redakan Batuk dan Nyeri Sendi

Merdeka.com – Menarik untuk mengetahui khasiat minyak kayu putih bagi kesehatan tubuh. Minyak kayu putih adalah minyak esensial yang berasal dari daun berbentuk oval dari pohon kayu putih yang berasal dari Australia.

Para produsen mengekstrak minyak dari daun eucalyptus dengan cara merusak, menghancurkan, dan menyaringnya. Lebih dari selusin spesies pohon eucalyptus digunakan untuk membuat minyak esensial, yang masing-masing menawarkan campuran unik dari senyawa alami dan manfaat terapeutik, menurut artikel di Journal of the Science of Food and Agriculture.

Minyak esensial ini memiliki manfaat kesehatan yang luas termasuk dekongestan, anti-inflamasi, antispasmodik, antiseptik, antijamur, antimikroba, antivirus, dan sifat antibakteri. Minyak kayu putih biasa ditemui dalam daftar berisi nomor produk mulai dari salep topikal dan obat kumur hingga suplemen dan pembersih rumah tangga. Lantas, apa saja khasiat minyak kayu putih yang sebenarnya?

Dilansir dari healthline.com dan medicalnewstoday.com, berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai khasiat minyak eucalyptus yang paling utama dan menarik untuk Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

1. Redakan Batuk

Khasiat minyak eucalyptus yang pertama adalah untuk membantu meredakan batuk. Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas juga memiliki minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya.

Vicks VapoRub, misalnya, mengandung sekitar 1,2 persen minyak eucalyptus bersama dengan bahan penekan batuk lainnya. Penggunaan minyak eucalyptus untuk meredakan batuk yang paling populer adalah dengan mengoleskannya ke dada dan meredakan gejala batuk dari pilek atau flu biasa.

2. Keluarkan Pemberi Pinjaman

Khasiat minyak eucalytus yang kedua adalah untuk membantu mengeluarkan lendir dari dada. Ya, minyak kayu putih tidak hanya dapat meredakan batuk, tetapi juga dapat membantu mengeluarkan lendir-lendir yang dihentikan dari dada.

Baca Juga   Jumlah Pasien Covid-19 di RS Capai 26,3%, Kemenkes Perkuat Layanan Kesehatan : Okezone Tren

Menghirup uap yang dibuat dari minyak ini dapat mengencerkan lendir ketika Anda batuk, maka lendir akan keluar dan melegakan dada Anda. Menggunakan obat gosok yang mengandung minyak kayu putih juga akan menghasilkan efek yang sama.

3. Hindarkan Gigitan Serangga

Khasiat minyak eucalyptus yang ketiga adalah untuk membantu menghindarkan diri dari gigitan-gigitan serangga. Nyamuk dan serangga penggigit lainnya membawa penyakit yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, janganlah mereka adalah pertahanan terbaik yang bisa Anda lakukan.

Sebagai alternatif yang efektif bagi Anda yang tidak dapat menggunakan semprotan pengusir serangga ke badan, para produsen lantas membuat versi senyawa botani yang menggunakan minyak kayu putih sebagai bahannya. Anda bisa menggunakan ini untuk menghindarkan tubuh Anda dari benda-benda yang tidak diinginkan.

3 dari 4 halaman

4. Desinfeksi Luka

Khasiat minyak kayu putih yang ke empat adalah untuk mendesinfeksi luka. Penduduk asli Australia, yakni suku Aborigin, telah menggunakan daun eucalyptus untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Saat ini, minyak encer dari pohon eucalytus masih dapat digunakan pada kulit untuk melawan dan mempercepat penyembuhan.

Anda dapat membeli krim atau salep yang mengandung minyak kayu putih di toko-toko obat terdekat. Produk-produk ini dapat digunakan pada luka bakar ringan atau cedera lain yang dapat dirawat di rumah.

5. Lancarkan Pernapasan

Khasiat minyak eucalyptus yang kelima adalah untuk membantu mengatur pernapasan. Kondisi seperti asma dan sinusitis dapat dibantu dengan uap yang ditambahkan dengan minyak kayu putih. Minyak ini bertujuan untuk membuat lendir, tidak hanya mengurangi tetapi membantu melonggarkannya sehingga Anda dapat batuk dan membersihkan lendir-lendir yang tersisa di dada.

Minyak eucalyptus juga diketahui dapat mencegah timbulnya gejala asma. Di sisi lain, bagi Anda yang alergi terhadap eucalyptus, penggunaannya justru dapat meningkatkan kondisi asmanya. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan bagaimana eucalyptus dapat berpengaruh bagi penderita asma.

Baca Juga   Asal Tidak Dikonsumsi Berlebihan, Ini 5 Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan

6. Kontrol Gula Darah

Khasiat minyak eucalyptus yang ke enam adalah untuk membantu mengontrol gula darah. Minyak kayu putih memiliki potensi sebagai pengobatan diabetes. Meskipun belum diketahui banyak pada saat ini, para ahli percaya bahwa khasiat minyak kayu putih dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Para peneliti dan komunitas ilmiah rekomendasi gula darah yang cermat bagi orang-orang yang mengonsumsi obat diabetes dan menggunakan minyak kayu putih sekaligus untuk melihat efeknya secara nyata.

4 dari 4 halaman

7. Atasi Herpes

Khasiat minyak kayu putih yang ke tujuh adalah untuk membantu mengatasi herpes. Sifat anti-inflamasi kayu putih dapat meredakan gejala herpes. Mengoleskan minyak kayu putih ke luka dingin dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Anda dapat membeli balsem dan salep yang dijual bebas yang menggunakan campuran minyak esensial eucalytus sebagai bagian dari daftar bahan aktifnya. Gunakan salep atau balsem ini ke kulit yang terkena.

8. Segarkan Napas

Khasiat minyak kayu putih yang selanjutnya adalah untuk membantu menyegarkan napas. Mint bukan satu-satunya senjata alami untuk melawan bau mulut. Karena sifat antibakterinya, minyak kayu putih pun dapat digunakan untuk melawan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap.

Beberapa obat kumur dan pasta gigi mengandung minyak esensial yang satu ini sebagai bahan aktif. Ada kemungkinan produk eucalyptus juga dapat mencegah mencegah plak pada gigi dan gusi dengan menyerang bakteri penyebab kerusakan gigi.

9. Ringankan Nyeri Sendi

Khasiat minyak eucalyptus yang terakhir adalah untuk membantu meredakan nyeri sendi. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat meredakan nyeri sendi. Faktanya, banyak krim dan salep yang dijual bebas yang digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat kondisi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis mengandung minyak esensial ini.

Baca Juga   Daop 9 Jember perketat protokol kesehatan cegah penyebaran Omicron

Minyak eucalyptus membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan banyak kondisi. Minyak ini dapat juga bermanfaat bagi Anda yang mengalami sakit punggung atau yang baru pulih dari cedera sendi atau otot.

(mdk/edl)

.


Source link