Ini Daftar HP yang Bisa Update Android 13 dan Cara Installnya

Bisnis.com, JAKARTA – Pratinjau Pengembang Android 13 sudah dapat diinstal oleh pengguna yang memiliki ponsel kompatibel. Namun perlu dicatat, menginstal ini mengharuskan pemilik ponsel mengembalikan ke pengaturan dan menghapus semua data dan informasi pribadi.

Dikutip dari ZDNet, Senin (14/2/2022), bagi pemilik ponsel yang tetap ingin merasakan Google lewat Android 13 Developer Preview setelah mengetahui hal tersebut, hal pertama yang harus diperhatikan adalah harus memiliki ponsel Google Pixel.

Ini daftar HP yang bisa update Android 13:

  • Piksel 4

  • Piksel 4XL

  • Piksel 4a

  • Piksel 4a (5G)

  • Piksel 5

  • Pixel 5a 5G

  • Piksel 6

  • Pixel 6 Pro

Perlu diingat, untuk menginstal Android 13 Developer Preview, pemilik ponsel harus melakukan pengaturan ulang pabrik dan menghapus semua data di ponsel. Setelah itu, siapkan komputer atau laptop, kabel USB-C untuk menghubungkan ponsel ke komputer, dan browser untuk proses instalasi.

Ada dua cara untuk menginstal Android 13 yaitu menggunakan Android Flash Tool dan mengesampingkan gambar pabrik menggunakan ADB. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan Android Flash Tool.

Sebelum memulai, pemilik ponsel harus mengaktifkan developer options di ponsel Pixel dengan cara membuka aplikasi Settings > About Phone > Build number > ketuk tujuh kali sampai muncul muncul kecil yang mengatakan kalau Developer Options sudah aktif.

Jika sudah melihat pesan tersebut, kembali ke menu Setting > System > Developer options. Cari dan aktifkan USB Debugging daan opsi OEM Unlocking.

Setelah proses selesai, sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB-C dan masuk ke halaman Android Flash Tool di sini. Setelah itu, cukup ikuti panduan yang ada di layar.

Sebagai tambahan, fase Pratinjau Pengembang Android 13 akan berlangsung pada Februari-Maret 2022, diikuti dengan rilis beta yang dimulai pada bulan April. Versi final Android 13 kemungkinan akan dirilis pada Agustus 2021.

Baca Juga   Begini Ponsel Pintar Ala Korut, Miliki Teknologi Terbaru dan Lima Gim Lucu Namun Tanpa Internet

Android 13 dikabarkan akan difokuskan pada masalah privasi dan sistem keamanan. Bocoran fitur baru untuk Android ini yaitu dukungan lebih optimal untuk perangkat layar besar dan adanya API pemilih foto untuk aplikasi dapat mengakses ke file gambar tertentu tanpa harus terhubung ke seluruh penyimpanan, serta pilihan ikon sesuai dengan tema.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini:

gadget android hp

Konten Premium

Masuk/Daftar

.


Source link