Sering Dianggap Bahaya! Ini 4 Konsumsi Makanan Pedas bagi Kesehatan

Kebanyakan orang Indonesia merasa tidak puas ketika makanan yang dikonsumsi tidak terasa pedas. Sayangnya, mengonsumsi makanan pedas sering kali gangguan kesehatan, seperti diare atau maag. Padahal banyak juga lho manfaat dari konsumsi makanan pedas.

Manfaat ini diperoleh dari adanya senyawa aktif bernama capsaicin. Sedangkan capsaicin tersebut merupakan Senyawa unik yang memberikan cita rasa pedas serta panas dalam beberapa bahan makanan, seperti paprika, cabai, jalapeno, dan lada.

Merangkum dari Halodoc dan allosehat, berikut beberapa manfaat konsumsi makanan pedas yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Berat Menurunkan Badan

Manfaat mengonsumsi makanan pedas salah satunya dapat membantu menurunkan berat badan. Cita rasa pedas dan terbakar di lidah saat kamu mengonsumsi cabai disebabkan oleh adanya kandungan senyawa capsaicin.

inilah yang dapat meningkatkan suhu tubuh serta mendorong metabolisme kerja. Dengan begitu kalori dalam tubuh akan lebih cepat terbakar.

2. Menegah Kanker

Konsumsi makanan pedas juga dapat membantu mencegah kanker. Kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai juga berkhasiat dalam menghambat atau justru mematikan pertumbuhan sel-sel kanker tanpa perlu merusak sel-sel sehat di sekitarnya.

Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan mengonsumsi cabai secara rutin. Meski demikian, manfaat cabai dalam hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

3. Mendukung Pertumbuhan Bakteri Baik pada Usus

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa senyawa capsaicin pada makanan pedas juga mampu mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Ini akan berguna untuk melindungi serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Bahkan, dengan terjaganya pertumbuhan bakteri baik ini, maka kerja sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat. Dengan begitu kamu tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Baca Juga   Kemenkes Tetap Persiapkan Kesehatan Jamaah Haji 2022

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan pedas memang dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam memecah lemak. Menurut beberapa penelitian, manfaat ini sering dengan penurunan risiko terjadinya kolesterol tinggi dan hipertensi.

Sedangkan dengan menurunnya risiko hipertensi serta kolesterol tinggi maka secara langsung kesehatan jantung pun akan lebih terjaga.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi makanan pedas bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh. Meskipun demikian, agar kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena ini dapat mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Jadi, pahami respons tubuhmu setelah mengonsumsi makanan pedas, ya! Jika terdapat gejala dan gangguan lebih baik konsultasikan langsung pada tim medidis.

.


Source link