Selenggarakan Program Studi Bersertifikat Independen Angkatan Kedua, Microsoft Tingkatkan Kesiapan 1.388 Mahasiswa Indonesia untuk Isi Profesi Bidang Teknologi

Jakarta, 15 Februari 2022 – Microsoft Indonesia resmi memulai Program Studi Independen Bersertifikat (PSIB) angkatan kedua bagi 1.388 mahasiswa dari 205 universitas dan 91 daerah di Indonesia. Dari total tersebut, sekitar 27,9% mahasiswa akan belajar dan mengambil sertifikasi di Lacak Awan dan kecerdasan buatan (AI), 35,8% dibidang produktifitasdan 36,3% lainnya di bidang Pendidik. setiap melacak akan membekali mahasiswa dengan keterampilan yang berbeda untuk kebutuhan profesi yang berbeda pula.

Peserta yang lulus dari Lacak Pendidik misalnya, diharapkan dapat memberikan inovasi baru dalam metode belajar mengajar dengan menggunakan teknologi Microsoft, sehingga mampu memodernisasi dunia pendidikan. Untuk ditimbang Lacak Cloud dan AImereka akan dibekali keterampilan untuk menjadi insinyur dengan memanfaatkan berbagai fitur awan dan AI Microsoft Azure. Sementara untuk peserta melacak produktifitasmereka akan memperoleh keterampilan yang dapat mendukung pengembangan bisnis di masa depan, dengan memanfaatkan teknologi.

PSIB sendiri merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang diinisiasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak Januari 2020. Program ini bertujuan membekali mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja 2020. .

“Saat ini, keterampilan digital telah menjadi salah satu kebutuhan dasar di berbagai jenis pekerjaan. Ke kebutuhan, kebutuhan ini akan semakin meningkat. Berbagai profesi baru juga akan bermunculan, serupa dengan inovasi baru dari teknologi. Kami harap mahasiswa peserta PSIB Microsoft dapat menyelesaikan program ini dengan baik dan mampu menerapkan pembelajaran yang didapatkan di kehidupan nyata,” ujar Guru. Ir.Nizam, M.Si., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Baca Juga   Saham Energi Paling Bergairah, Saham Teknologi kok Loyo?

Berdasarkan The Future of Jobs Report 2020 dari World Economic Forum dan Emerging Jobs Report Indonesia 2020 dari LinkedIn, pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi memang meningkat pesat. Termasuk di berbagai bidang analis data, ilmuwan datadigunakan untuk AI & pembelajaran mesin spesialis. Itulah sebabnya, Microsoft dan MariBelajar sebagai mitra pengajar PSIB Microsoft angkatan kedua, betul-betul difokuskan pada metode pengajaran untuk kesiapan mahasiswa dalam mengisi profesi yang berkaitan erat dengan teknologi.

Juli Sapta Putra Hantana, Direktur PT Mari Belajar Indonesia Cerdas mengatakan, “Hasil akhir yang kami harapkan dari PSIB Microsoft adalah mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi persaingan dunia kerja berbasis teknologi. Karena itu, kami sistem pembelajaran yang mengombinasikan konsep dengan masalah dan praktik lapangan. Melalui sistem ini, mahasiswa akan memiliki keterampilan dasar penggunaan teknologi, berpikir kritis untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dunia kerja, dan pengalaman hidup nyata untuk jenis pekerjaan seperti apa yang dapat diselesaikan dengan solusi teknologi yang mana.”

Adapun total peserta PSIB Microsoft angkatan kedua meningkat lebih dari 23% dibandingkan angkatan pertama, dengan jumlah pendaftar mencapai 10,066 mahasiswa, atau meningkat lebih dari 67% dibandingkan sebelumnya. Hal ini menunjukkan peningkatan kesadaran talenta muda Indonesia akan pentingnya mempelajari teknologi, yang diiringi dengan antusiasme mereka.

“Kami sangat senang dapat kembali berpartisipasi dalam Kampus Merdeka dengan menyelenggarakan PSIB Microsoft angkatan kedua. Antusiasme mahasiswa yang semakin meningkat juga memacu semangat kami untuk terus memberdayakan mereka dengan keterampilan digital yang dapat mendukung Indonesia 4.0. Semoga dengan program ini, kita dapat mengakselerasi transformasi digital Indonesia. Bagi rekan-rekan mahasiswa, kami harap mereka dapat terus menjaga menjaga mereka selama lima bulan ke depan semangat untuk menyelesaikan program ini dengan baik,” ujar Obert Hoseanto, Pemimpin Program & Keterampilan Pendidikan, Microsoft Indonesia.

Baca Juga   Berita Teknologi Teratas, dari iOS 15.3 dan MacOS hingga Pratinjau Aplikasi Android

Sebelumnya, Microsoft Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah Diktiristek 2021 sebagai “Mitra Penerima Studi Independen Terbanyak” untuk PSIB Microsoft angkatan pertama yang diselenggarakan pada Agustus – Desember 2021.

###


Source link