Mahasiswa Teknologi Geologi ITNY Raih Juara 2 Geothermal Paper Competition GEVOIR 2022

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Lagi-lagi, mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta atau ITNY meraih prestasi membanggakan. Kali ini, prestasi yang diraih oleh tiga mahasiswa Program Studi Teknik Geologi. Mereka adalah Febryanto sebagai ketua tim yang merupakan mahasiswa angkatan tahun 2019, Dimas Ramadhan angkatan tahun 2019, dan Unggul Prabowo angkatan tahun 2017.

Ketiga mahasiswa mendapatkan juara 2 pada ajang lomba Geothermal Paper Competition beberapa waktu lalu. Sekadar diketahui, Kompetisi Kertas Panas Bumi merupakan acara tahunan GEVOIR yang diselenggarakan oleh Student-Chapter (SC) Indonesia Geothermal Association (INAGA) Universitas Trisakti. Tahun ini mengambil tema GEVOIR adalah Mengoptimalkan Energi Panas Bumi sebagai Energi Masa Depan.

Geothermal-paper-Competition-GEVOIR-2.jpg

Dalam perlombaan ini, tim mahasiswa ITNY mengusul makalah berjudul Identifikasi Manifestasi PAnas Bumi menggunakan Machine Learing studi kasus daerah Ungaran, Jawa Tengah.

“Dalam paper ini, kami mengembangkan suatu kecerdasan buatan melalui permodelan machine learning dari data-data Geologi permukaan (manifestasi panas bumi) yang belum terkelola secara optimal. Dengan kecerdasan bauta ini maka akan membentu proses mengetahui jenis panas bumi secara digital di daerah gunung Ungaran,”, kata Febriyanto kepada TIMES Indonesia, Minggu (20/2/2022).

Anggota tim lain, Unggul berharap tren riset berbasis kolaborasi terus di dukung dari pihak-pihak terkait terutama dari segi kebutuhan data. “Semoga di masa depan sistem kecerdasan buatan ini dapat digunakan untuk membantu ahli geologi melakukan proses eksplorasi awal manifestasi panas bumi,” terang Unggul.

Merespon keberhasikan tim mahasiswa Teknik Geologi ITNY, Kepala Bagian Kemahasiswaan ITNY, Rizqi Muhammad Mahbub mengapresiasi atas prestasi tersebut. Ia mengaku bangga atas kemenangan yang diraih mahasiswa Teknik Geologi ITNY tersebut. Keberhasilan mereka membuktikan bahwa mahasiswa ITNY diberikan ruang pengembangan keterampilan teknis dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan ilmu kebumian.

Baca Juga   Teknologi hybrid pada mobil ditawarkan oleh pabrikan, harga jualnya cukup mahal

“Tentu, kemenangan para mahasiswa Teknologi Geologi ITNY pada Geothermal paper Competition GEVOIR 2022 akan menjadi motivasi mahasiswa ITNY yang lain,” jelas Rizqi.

**)

Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Source link