[KenalkanWisataKesehatanPenyembuhanHutanUGMYogyakarta

TEMPO.CO, Yogyakarta – Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada atau UGM Yogyakarta dan Rumah Sakit Akademik UGM Yogyakarta mengenalkan terapi kesehatan sembari berwisata di hutan. Konsep terapi kesehatan ini bernama Wanagama Forest Healing.

Direktur Utama RSA UGM Darwito mengatakan, wisata kesehatan ini menerapkan berbagai aktivitas yang menarik bagi para peserta. Di antaranya wisata dengan mengendarai sepeda motor, bersepeda, jalan santai di hutan, sampai berlari Hutan Wanagama, hutan pendidikan yang dikelola Fakultas Kehutanan UGM di Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

“Kami mengajak peserta wisata kesehatan ini untuk menikmati atmosfer hutan dan alam,” kata Darwito pada Senin, 28 Februari 2022. “Forest Healing semoga dapat menyegarkan pikiran dan stres pun hilang.”

Terapis Matode hutan, menurut Darwinto, berarti berupaya mengoptimalkan manfaat hutan, mengajarkan manusia untuk bernapas dan memanfaatkan berbagai sarana atau aktivitas untuk berolahraga di udara segar. Penyembuhan hutan, dia melanjutkan, sejatinya berkaitan erat dengan terapi kesehatan di rumah sakit, yakni rehabilitasi medis, seperti berjalan di hutan. “Cara ini bermanfaat untuk pemulihan psikologis dan fisioterapis,” kata dia.

Darwinto mejelaskan, program Forest Healing ini membuktikan kalau pelayanan medis dapat bersinergi dengan kegiatan pariwisata. Wisata kesehatan, menurut dia, bukan sesuatu yang baru. Sejarah mencatat dari zaman Romawi, orang-orang perjalanan dari negara asalnya ke tempat baru yang memiliki atau menawarkan perawatan, penyembuhan, dan berbagai pelayanan kesehatan.

“Yogyakarta dapat menjadi destinasi wisata kesehatan,” katanya. Di Yogyakarta, aktivitas wisata kesehatan dapat berlangsung di pegunungan, pantai, hingga beragam kuliner tradisional.

Dekan Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta, Sigit Sunarta mengatakan, salah satu fungsi hutan adalah penunjang kesehatan manusia. “Peserta Forest Healing ini dapat merasakan udara sejuk dari pepohonan rindang dan gemericik air,” katanya.

Baca Juga   Istilah Kesehatan Manusia yang Jarang terlihat

Baca juga:
Tempat Isolasi Mandiri yang Asri dan Nyaman di Hutan Wanagama UGM Yogyakarta

Sellalu update info terkini. Simak berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.

.


Source link