Bagiku, Kesehatan Ialah Olahraga dan Olah Rasa

Jakarta

Definisi kesehatan dan bagaimana proses menjadikan diri yang sehat tentu memiliki versi dan implementasi yang berbeda-beda. Bagiku sendiri, menjadi sehat merupakan suatu hal yang sangat kompleks. Kesehatan bukan hanya bicara fisik prima, lebih dari itu, kesehatan juga berarti sehat secara mental, emosional, pikiran, dan jiwa. Tujuan dari menjaga dan menciptakan hidup yang sehat juga banyak manfaatnya, mampu mengurangi pencegahan resiko terkena penyakit kronis baik di masa kini atau di masa nanti. Membuat kondisi fisik lebih prima, menumbuhkan rasa keberhargaan diri, memandang diri sendiri menjadi lebih positif, akan lebih merasa bahagia ketika menjalani pola hidup yang sehat dan akan lebih beriiti ganiha yang, mental tubi

Menjadi sehat tentu impian dan harapan semua manusia di muka bumi ini. Akan tetapi, sedikit sekali yang melakukan gerakan dan aksi nyata demi perubahan terhadap kesehatan di hidupnya. Terlalu banyak dari mereka yang terjebak diantara ingin, angan, dan alasan. Untukku yang saat ini berada di usia 20 tahun, entah itu masih muda atau sudah tua untuk memulai ini. Namun, tidak ada kata terlambat dan sia-sia untuk mengambil pilihan sehatku.

Fokus utama dalam memulai pilihan sehatku yaitu aku sehat, baik dan berdaya secara pikiran, jiwa, mental dan emosional. Selanjutnya, bagaimana caraku memperlakukan dan bentuk mencintai tubuh dan kondisi kesehatan secara fisikku. Apakah saya akan memanjakannya? Atau aku akan membuatnya tak nyaman? hehe, agaknya kata tak nyaman di sini tak perlu ditafsirkan berlebihan.

Hai! aku lebih memilih agar aku selalu tidak merasakan suatu keadaan nyaman, enak, memanjakan diri terus menerus. Kenapa? karena aku tahu diri, aku sadar bahwasanya tubuh dan fisikku masih sangat kuat untuk menghadapi hal-hal berat dan juga tidak memiliki banyak alasan untuk selalu bermalas-malas. Kita harus gerak! untuk olah(raga) dan olah(rasa).

Baca Juga   6 Manfaat Jus Jeruk bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imun hingga Cegah Anemia

Mengenai pilihan sehat yang kuambil, yang aku lakukan pertama kali langsung langsung suatu hal yang sangat besar dan bearti. Aku memulai dengan mengubah jam tidurku, jadi terlebih dahulu dari acuan waktu tidur pukul 22.00-05.00 WIB. Aku melanjutkan dengan olahragaku yaitu lari pagi selama 30-60 menit. Biasanya aku melanjutkan dengan membaca buku, melamun untuk berbikir, bersiaplah untuk melihat sajian informasi digital baik secara audio maupun visual dan tentunya aku menulis sebagai wadah untuk tetap mengingat semua yang pernah ada. Untuk pola makan, jujur, aku tak begitu detail mengingatnya karena aku pun tak mempelajarinya, yang penting sekiranya kebutuhan energi terpenuhi baik secara mineral, protein, dan karbohidrat.

Pasti cara hidup sehat yang saya ambil belum tentu benar dan apakah akan sesuai apabila teman-teman Anda siap. karena saya dan teman-teman sudah pasti memiliki kemampuan diri, riwayat kesehatan, kesenangan, dan latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, pilihan, jalan, dan motivasi yang diambil pun jelas beragam. Tak masalah, karena memang harus menyesuaikan diri dengan diri sendiri. Akan lebih baik lagi, sekiranya teman-teman ada yang kurang dipahami, bisa diberikan kepada ahlinya. Jangan sampai apa yang kita lakukan ternyata salah, tidak sesuai atau bahkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan teman-teman. Ingat, tujuan utama kita adalah impian memperoleh kehidupan yang sehat dan lebih baik sekarang dan nanti.

Saya, kamu, dan teman-teman semua memiliki pilihannya masing-masing. Mari kita ciptakan jalan sesuai keinginan dan kemampuan diri. Kucinya adalah bergerak, ayo kita mulai olahraga dan olah rasa sedini mungkin. Tidak ada kata terlambat dan sia-sia. Saya sudah memulainya, kamu kapan?

Rafli Prayuda, Lomba Karya Tulis Ultra Milk Favorit Pemenang

Simak VideonyaKrisis Perempuan dan Quarter-Life
[Gambas:Video 20detik](iklan/iklan)

Baca Juga   Anda! Ini 10 Manfaat Tanaman Hias Bunga Anggrek Merpati untuk Kesehatan Kita

.


Source link