4 Manfaat Me Time untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Sering Diabaikan

Suara.com – ‘me time’ istilah populer belakangan untuk menyebutkan waktu berkualitas dengan diri sendiri. Istilah ini muncul karena banyak orang yang merasa terlalu sibuk dengan pekerjaan atau orang lain, dan mulai kurang memperhatikan diri sendiri. Padahal manfaat ‘me time’ untuk kesehatan juga cukup banyak lho!

Pada dasarnya manusia memang merupakan makhluk sosial. Namun ketika tiba waktunya untuk memperhatikan diri sendiri, maka muncullah kejenuhan dan rasa lelah yang tak bisa hilang.

Berikut beberapa manfaat ‘me time’ untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Me-Restart Otak

Baca Juga:
4 Ide Me Time untuk Menantu Perempuan dan Ibu Mertuanya, Dijamin Seru!

Ketika otak digunakan terus menerus, ada kalanya otak merasa lelah kemudian menurunkan produktivitas. Me time, dalam hal ini, bisa membantu Anda mengatur ulang otak atau me-re-nya, untuk kembali ke puncak performa produktivitas.

Tentu saja, ini juga akan berdampak baik untuk kesehatan karena berpengaruh langsung pada kinerja tubuh. Otak yang sehat dan segar akan membuat tubuh terasa bertenaga, dan siap melakukan aktivitas dengan maksimal.

Ilustrasi waktu saya (pexels)
Ilustrasi waktu saya (pexels)

2. Mengurangi Stres dan Menjadi Rileks

Ketika Anda melakukan me time, maka secara langsung Anda dapat mengistirahatkan pikiran dan fisik. Istirahat di sini artinya bisa berkegiatan tanpa tekanan, karena apa yang Anda lakukan adalah apa yang Anda inginkan dan bertujuan untuk menyenangkan diri sendiri.

Stres bisa berkurang dan lebih mudah dikelola, serta membuat tubuh dan pikiran semakin rileks. Masih berhubungan dengan poin pertama, Anda juga akan merasakan efeknya pada produktivitas setiap hari.

Baca Juga:
Kebiasaan Ngemil Baik untuk Kesehatan Mental, Begini Penjelasannya!

3. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Ketika Anda merasa jenuh, bosan, dan menerima terlalu banyak informasi, tubuh dan pikiran akan menurun kebugarannya. Waktu istirahat berupa me time bisa membantu Anda kembali menyegarkan tubuh dan pikiran dengan istirahat sejenak.

Baca Juga   Ragam Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Bebaskan pikiran dari segala macam yang membuat Anda tertekan, dan rilekskan tubuh selama beberapa waktu. biarkan tubuh dan pikiran Anda bersantai, dan rasakan manfaat setelah cukup menikmati waktu saya ini.

4. Kesehatan Hubungan Sosial

Secara sosial me time juga bisa membawa manfaat baik. Kesehatan hubungan dengan orang lain dapat terjaga, sehingga secara sosial Anda akan menjadi orang yang lebih baik dari waktu ke waktu. Berinteraksi dengan orang lain perlu kemampuan komunikasi yang baik, dan tentu saja ini akan terganggu ketika Anda stres atau dalam tekanan.

Waktu saya, ketika dilakukan dengan benar, akan membantu Anda meningkatkan kemampuan komunikasi dan memahami orang lain. Selain itu, rasa percaya diri akan meningkat, serta akan muncul rasa bahagia saat berinteraksi dengan orang lain.

Manfaat ‘me time’ untuk kesehatan fisik dan mental benar-benar adanya. Maka dari itu, selalu luangkan waktu untuk diri sendiri, dan nikmati apa saja yang ingin Anda lakukan dalam periode waktu tersebut.

.


Source link