Teknologi Konektivitas Mobil Ini Hadirkan Banyak Fitur Lewat Gadget, Termasuk Safety Driving!

TRIBUNNEWS.COM – Kecelakaan dalam berkendara adalah hal yang tidak dapat diprediksi. Dalam waktu yang tidak terduga, bisa saja kecelakaan terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa kita duga sebelumnya. Alhasil, situasi ini berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa kita.

Kecelakaan lalu lintas di Indonesia terus berada di angka lebih dari 100 ribu kasus per tahunnya. Melansir Katadata, data PT Jasa Raharja (Persero) mencatat bahwa jumlah korban kecelakaan lalu lintas mencapai 78.660 orang sepanjang Januari-September 2021.

Sementara itu, menurut data Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) mencatat bahwa setiap hari rata-rata 3 orang meninggal dunia karena kecelakaan. Penyebab utamanya, yaitu faktor manusia, faktor kendaraan, sarana dan prasarana lalu lintas, lalu dengan persentase tertinggi, 61 persen, berasal dari faktor manusia.

Untuk meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan, penting untuk berkendara dengan hati-hati dan terapkan keselamatan berkendara. Ada banyak cara untuk menapkan keselamatan berkendaramisalnya dengan tetap menuruti setiap rambu lalu lintas dan tidak melanggarnya secara sengaja.

Namun, di era disrupsi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi juga dapat berperan dalam memaksimalkan keselamatan berkendara. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi keselamatan berkendara yang dapat dipasang pada ponsel pintar.

Aplikasi keselamatan berkendara membuat Anda cepat tanggap dengan kondisi darurat yang terjadi di depan mata. Para pengendara pun dapat ditolong secara cepat oleh pihak sehingga menghindari kejadian yang lebih menakutkan akan menimpa diri mereka.

Aplikasi SOS

Ada banyak jenis aplikasi ponsel pintar yang dapat menunjang keselamatan dalam berkendara. Pasti, hal ini bertujuan untuk membentu menghindari kejadian tak terduga, seperti kecelakaan dan keadaan darurat.

Pengendara perlu memasang aplikasi dengan fitur SOS pada ponsel pintar yang terkoneksi dengan mobilnya. Aplikasi berfitur SOS ini pada umumnya akan memberikan pertolongan pertama bagi pengendara dalam keadaan darurat.

Dalam keadaan darurat tersebut, seperti saat terjadinya tabrakan (tabrakan antar kendaraan) atau kecelakaan lainnya, pengendara dapat menekan tombol SOS baik pada ponsel pintar maupun pada mobil yang sudah terpasang fitur SOS tersebut.

Baca Juga   Perlengkapan gaming teknologi Lightspeed Logitech G, solusi gaming nirkabel dan anti-lag!

Secara cepat dan waktu sebenarnya akan ada notifikasi keadaan darurat Anda alami, dan pihak terkait pun akan datang untuk memberikan bantuan.

aplikasi pelacakan

Aplikasi SOS akan semakin lengkap dengan aplikasi pelacakan. bersiap untuk memberi tahu pengendara yang sedang dalam keadaan darurat, aplikasi tracker akan dengan mudah melakukannya.

Dalam menjalankan aplikasi pelacakan ini, pengendara perlu menginstalnya dan menjalankannya dengan GPS (Sistem Pemosisian Global) untuk dapat posisi dengan tepat.

Nantinya, aplikasi pelacakan yang terpasang pada ponsel pintar akan memberikan informasi mengenai letak kendaraan beserta pengendaranya serta akses untuk mencapai lokasi tersebut.

aplikasi telepon darurat

Aplikasi satu ini berfungsi untuk melakukan panggilan darurat dengan cepat. aplikasi telepon darurat berfungsi layaknya tombol bantuan yang akan menghubungkan pengendara dengan pihak bantuan medis dan tim respon cepat.

biasanya, aplikasi telepon darurat langsung bekerja dengan menghubungkan pengendara dengan operator yang akan segera, dan menghubungkannya ke pihak lain untuk menangani pengendara maupun mobil yang mengalami kecelakaan atau keadaan darurat.

Adapun, pihak yang dapat digunakan pada aplikasi ini adalah pihak kepolisian, rumah sakit terdekat, hingga layanan resmi dari merk mobil yang mengalami kecelakaan.

aplikasi telepon darurat yang terpasang pada ponsel pintar tentunya harus bekerja 24 jam sehari mengingat tidak ada yang tahu kapan kecelakaan akan terjadi.

Sebagai contoh, pengendara harus memiliki berfitur SOS yang akan menghubungkannya ke pihak saat aplikasi mobilnya mengalami kerusakan.

Selain itu, penting juga untuk memiliki aplikasi yang dapat menghubungkan pengendara kepada operator yang siap membentu saat sedang kecelakaan. Hal itu tentu dapat membuat pengendara mendapatkan bantuan medis atau bantuan polisi lebih cepat.

Teknologi konektivitas yang terhubung lewat gadget

Ilustrasi menggunakan Hyundai Bluelink.
Ilustrasi menggunakan Hyundai Bluelink. (ISTIMEWA)

Dengan berbagai inovasi yang berkembang pada aplikasi ponsel pintarkini sudah ada satu aplikasi teknologi konektivitas yang menjangkau banyak fungsi dan bisa diakses dengan mudah lewat ponsel pintar, termasuk fungsi keamanan berkendara. Salah satunya adalah Hyundai Bluelink.

Baca Juga   PLN Buka Peluang Penggunaan Beragam Teknologi dalam Program Konversi PLTD ke EBT

Melansir Kompas, Hyundai Bluelink adalah platform berteknologi kecerdasan buatan (AI) yang menghubungkan mobil dengan pemilik melalui ponsel pintar. Platform layanan mobil terhubung ini dibuat untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mengendarai kendaraan pabrikan Hyundai, yang saat ini tersedia di Hyundai CRETA.

Layaknya aplikasi SOS, pelacakandi dalam telepon darurat dalam satu genggam, hyundai bluelink hadir dengan ketiga fitur tersebut.

Aplikasi dari Hyundai ini menawarkan berbagai fungsi seperti keselamatan, penyatuan kesehatan kendaraan, keadaan darurat, dan kenyamanan untuk mendukung keamanan dan keselamatan dari pengendara.

Hyundai Bluelink memiliki berbagai fitur yang dapat mendukung semua hal tersebut dalam satu aplikasi, yaitu:

1) ACN (Pemberitahuan Tabrakan Otomatis)

otomatis otomatis, fitur ACN akan langsung bekerja saat terjadi kecelakaan. Bersamaan dengan mengembangnya airbag pada bagian dalam mobil, sinyal ACN akan otomatis dikirimkan ke call center Hyundai Bluelink.

Sesaat setelah ledima sinyal yang dikirim oleh kendaraan, operator Bluelink pusat panggilan akan menghubungi pengendara melalui mikrofon Dan pembicara yang terpasang di dalam kendaraan hyundai pengendara. Operator akan memastikan keadaan Anda lalu menghubungi polisi atau medis terdekat untuk membentu Anda.

2) SOS/Pertolongan darurat

Fungsi SOS atau pertolongan darurat pada Hyundai Bluelink dapat diakses oleh pengendara dengan menekan tombol SOS yang terletak di konsol atas di dalam mobil atau pada aplikasi Hyundai Bluelink pada ponsel pintar mereka. Sesaat setelah ditekan, Hyundai Bluelink pusat panggilan akan menghubungi dan mengirimkan bantuan yang dibutuhkan ke lokasi kendaraan dan pengendara.

3) RSA (Bantuan pinggir jalan)

Fitur satu ini akan membentu pengendara saat mengalami masalah teknis kendaraan di tengah perjalanan. Dengan menekan tombol Bluelink di konsol atas atau di aplikasi Hyundai Bluelink, Hyundai Service Center terdekat akan langsung meluncur atau mengirimkan mobil derek untuk menangani masalah seperti mogok dan lainnya.

Baca Juga   Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Semangka bagi Kesehatan Tubuh

4) Fitur Kendaraan yang Dicuri

fitur pertama yang bekerja sebagai fitur anti maling adalah pemberitahuan kendaraan curian. Saat seseorang membuka paksa mobil, pemilik akan melakukan notifikasi melalui aplikasi Bluelink di ponsel pintar secara mulus. Dengan begitu, pengendara akan sadar dengan cepat untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Setelah itu, fitur anti maling pelacakan kendaraan curian akan langsung menghubungi Hyundai Bluelink pusat panggilan untuk membentu melacak mobil dengan memberikan informasi lokasi dan rute menuju mobil tersebut.

Terakhir, imobilisasi kendaraan curian akan aktif untuk mematikan mesin mobil dan membekukannya agar pencuri tidak dapat mencegahnya. Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Hyundai Bluelink pada ponsel pintar yang akan langsung menyerang dengan pusat panggilan.

Aplikasi Hyundai Bluelink dapat Anda nikmati dengan menghubungkannya ke Hyundai CRETA.

Hyundai Bluelink.
Hyundai Bluelink. (www.hyundai.com)

Hadir sebagai SUV keluarga, Hyundai CRETA didesain untuk melaju di jalanan dengan nyaman dan aman, serta tentunya dengan teknologi Hyundai Bluelink yang membuat Anda dapat terhubung dengan pusat panggilan Hyundai 7×24 jam saat terjadi kondisi darurat.

Anda dapat langsung mendapatkan bantuan dengan segera melalui aplikasi Hyundai Bluelink di ponsel pintar dll. Secara mulusnikmati juga fitur keamanan dan keselamatan berkendara dalam berkendara dengan Hyundai CRETA bersama bawaan Hyundai Bluelink Semua dalam Satu Aplikasi.

Tak hanya fitur keselamatan berkendara, Anda juga dapat menikmati berbagai fitur canggih lainnya untuk kenyamanan berkendara, seperti Mulai/Berhenti Mesin Jarak Jauh, Remote Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Controldi dalam Temukan Mobil saya.

Segera nikmati kenyamanan dan keamanan berkendara dengan teknologi canggih aplikasi Hyundai Bluelink bersama Hyundai CRETA.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Hyundai Bluelink dan Hyundai CRETA, Anda dapat mengakses link berikut ini.

Penulis: Muh. Fitrah Habibullah | Redaktur: Firda Fitri Yanda




Source link