Moeldoko mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform teknologi digital

MENGGAMBAR. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko

Wartawan: Pemula Laoli | Editor: Pemula Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyoroti pentingnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan platform teknologi digital, baik untuk sistem pengiriman maupun pembayaran.

Hal itu disampaikan Moeldoko saat menjadi keynote speaker pada peluncuran tjufoo, platform digital untuk UMKM, di Jakarta, Kamis (27/1).

“Kemampuan digital adalah suatu keharusan. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong tren digitalisasi UMKM untuk membangun ekosistem ekonomi digital dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Dan UMKM harus bisa memanfaatkan peluang ini,” kata Moeldoko, dikutip dalam keterangan tertulisnya.

“Hingga akhir tahun 2021, jumlah UMKM yang terdigitalisasi akan mencapai 16,4 juta. Saya yakin ini akan terus bertambah, karena ke depan kenyamanan bertransaksi online akan semakin dibutuhkan bahkan setelah pandemi berakhir,” ujarnya. dilanjutkan.

Baca juga: Jokowi: Kami undang investasi infrastruktur ekonomi digital

Moeldoko mengungkapkan nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia pada 2021 sebesar US$70 miliar, dan tertinggi di antara enam negara anggota ASEAN, yakni Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam. “Nilai transaksi ini naik 49% dibandingkan tahun 2022,” ujarnya.

Pertumbuhan ini, kata dia, masih dipimpin oleh segmen e-commerce sebesar 52% dengan nilai transaksi US$53 miliar. Sementara itu, layanan transportasi dan pengiriman makanan tumbuh 36% dengan nilai transaksi $6,9 miliar.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI periode 2013-2015 juga memaparkan berbagai upaya pemerintah dalam memberikan kemudahan usaha kepada para pelaku UMKM.

Baca juga: Pemerintah mendorong perkembangan teknologi digital

Misalnya, menyambut minimal 40% dana UMKM untuk pengadaan barang dan jasa dari kementerian/lembaga, subsidi bunga KUR 3% per tahun, penyaluran kredit ultra mikro kepada pelaku UMKM yang membuka rekening bank, hingga insentif pajak PPh final yang didukung oleh pemerintah.

Baca Juga   10 Teknologi Ini Diprediksi Segera Jadi Tren, Apa Saja?

“Selain itu, Presiden juga menyampaikan instruksi untuk meningkatkan rasio kredit UMKM di sektor perbankan dengan memberikan banyak kemudahan. Targetnya pada 2024 bisa mencapai 30%. Hal ini dilakukan agar UMKM dapat tumbuh dan mampu menopang perekonomian nasional, ” tutup Moeldoko.

LAKUKAN DONASI, dapatkan voucher gratis!

Dukungan Anda akan meningkatkan semangat kami untuk memberikan artikel yang bermanfaat dan berkualitas.

Sebagai ungkapan terima kasih atas perhatian Anda, ada voucher gratis senilai donasi yang dapat digunakan untuk berbelanja di toko KONTAN.



.


Source link