Teknologi Kamera CCTV Tilang Elektronik, Bisa Kenali Pemilik Kendaraan dari Plat Nomor: Okezone techno

JAKARTA – Pemerintah memberlakukan tilang elektronik menggunakan teknologi kamera CCTV dalam penegakan hukum di jalan raya. Aturan tilang elektronik ini, diberi nama Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Dirangkum dari berbagai sumber, jika penasaran seperti apa CCTV yang digunakan dalam penerapan tilang elektronik, berikut penjelasannya.

Salah satu kamera CCTV yang menyediakan teknologi untuk mendukung tilang elektronik adalah Dahua. Menurut perusahan ada 3 peran CCTV ini sebagai solusi kebutuhan sistem lalu lintas, yaitu big data, law enforcement, dan speed detection.

Baca Juga: NASA Ungkap Aplikasi untuk Foto Bumi dari Luar Angkasa

Segmen ketiga tersebut, memiliki fungsi dan pasar masing-masing, di mana CCTV-nya sudah dilengkapi dengan kemampuan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Misalnya, pengelolaan kota yang membutuhkan manajemen big data, kehadirannya dapat mendukung solusi penerapan kamera CCTV yang mampu melakukan penghitungan kendaraan dan klasifikasi kendaraan.

Melalui fitur itu, Pemerintah Kota dapat menganalisis perilaku pengendara mobil atau motor dari sebuah tangkapan video pada titik area tertentu, seperti di perempatan.

Selanjutnya, dilakukan analisis pola pergerakan lalu lintas sehingga Pemerintah Kota mampu mengambil kebijakan yang tepat atas hasil analisis data yang ada.

Baca Juga: Siapkan Teknologi Tas Anak Anti Penculikan

Teknologi kamera CCTV ini pun hadir dengan fitur utama, yakni pengenalan plat nomor. Teknologi ini dapat mengubah data menangkap gambar menjadi data huruf dan angka untuk dikenal dan terhubung ke database server pelat.

Selain itu, pada bidang speed detection, menggunakan radar detector yang terintegrasi dengan lalu lintas kamera.

Sehingga, radar speed detector CCTV bisa mengirimkan data tangkapan overspeed (melebihi kecepatan) di ruang pusat komando untuk ditindaklanjuti. Teknologi ini, cocok diterapkan pada area jalan tol.

Baca Juga   Kemajuan Teknologi Membuat Peluang Berkarier di Industri Musik Semakin Luas

Di samping teknologi untuk pasar traffic system, adapun teknologi serta fitur-fitur AI lainnya yang merupakan fitur mendasar dari sebuah CCTV, yaitu fitur people counting, metadata, thermal, explosion proof pada kamera CCTV indoor hingga CCTV outdoor.

(yd)


Source link