Wall Street Menguat Ditopang Sektor Teknologi: Okezone Economy

JAKARTA Wall Street penutupan pada perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB). Bursa saham AS menguat dengan dorongan terbesar dari teknologi yang baru-baru ini dahsyat.

Investor saham juga merespons pembicaraan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping mengenai krisis Ukraina berakhir tanpa kejutan besar.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 274,17 poin atau 0,80%, menjadi menetap di 34.754,93 poin. Indeks S&P 500 menguat 51,45 poin atau 1,17%, menjadi berakhir di 4.463,12 poin. Komposit Nasdaq Indeks terangkat 279.06 poin atau 2.05%, menjadi ditutup pada 13.893,84 poin.

Sepuluh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor teknologi dan konsumen nonprimer masing-masing terdongkrak 2,19% dan 2,18%, pertumbuhan meningkat. Sementara itu sektor utilitas 0,9%, merupakan satu-satunya kelompok yang menurun.

Tiga indeks utama Wall Street yang naik terbesar sepanjang awal November 2020 dengan S&P naik 6,2%, sementara Indeks Dow Jones naik 5,5% dan Indeks Nasdaq melonjak 8,2%.

Investor juga merasa lega ketika mengalami kenaikan harga minyak mereka terus mengalami kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) pada Rabu (16/3/2022) dan rencana agresifnya untuk kenaikan lebih lanjut yang bertujuan memerangi inflasi yang melonjak.

Presiden AS Joe Biden Pemimpin China Xi Jinping selama panggilan telepon bahwa akan ada “konsekuensi” Beijing memberikan dukungan materi untuk invasi Rusia ke Ukraina, kata Gedung Putih. Kedua belah pihak perlunya solusi untuk krisis tersebut.


Sementara Xi meminta negara-negara NATO untuk mengadakan dialog dengan Moskow, dia tidak menyalahkan Rusia atas invasi tersebut.

“Pembacaan dari perdmuan itu seperti yang diperkirakan,” kata Kepala Strategi Pasar National Securities, Art Hogan, di New York mengenai pembicaraan Xi dan Biden. Dia mengatakan bahwa sejak pembicaraan Rusia-Ukraina berlanjut, investor cenderung optimis.

Baca Juga   10 Rekomendasi Handphone Murah di Bawah Rp2 Jutaan Tahun 2022

Investor juga tidak memiliki dampak dari triple witching Jumat (18/3/2022), di mana investor melepas posisi di kontrak berjangka dan opsi sebelum berakhir, yang dapat menyebabkan volatilitas dan volume perdagangan.

Moderna Inc ditutup melonjak 6,3% setelah produsen obat itu mengajukan permintaan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk mengizinkan booster kedua vaksin COVID-19-nya.

Saham Boeing Co ditutup naik 1,4% setelah laporan pembuat pesawat mendekati pesanan penting dari Delta Air Lines hingga 100 pesawat jet 737 MAX 10.

Tetapi saham perusahaan pengiriman AS FedEx Corp mendekati 4,0% setelah laporan kuartalan yang lebih lemah dari perkiraan.


Source link