Bisa Menurunkan Gula Darah, Ini 5 Manfaat Talas bagi Kesehatan

KONTAN.CO.ID – Talas merupakan sumber serat dan nutrisi lain yang menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, bisa menurunkan gula darah.

Talas adalah sayuran akar bertepung yang memiliki tekstur mirip kentang dengan rasa yang agak manis. Mengutip Healthline, berikut manfaat talas untuk kesehatan:

1. Menurunkan gula darah

Meskipun talas adalah umbi-umbian bertepung, mengandung dua jenis karbohidrat yang bermanfaat untuk mengatur gula darah. Yakni, serat dan pati resisten.

Studi telah menemukan, makanan tinggi serat bisa mengurangi kadar gula darah sekitar 10 mg/dl pada orang dengan diabetes tipe 2.

Pati resisten yang terkandung dalam talas juga dapat dicerna manusia sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah.

Kombinasi pati resisten dan serat ini menjadikan talas sebagai pilihan karbohidrat yang baik, terutama bagi diabetes benderita.

Baca Juga: 4 Sayur Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah, Baik untuk Penderita Diabetes

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Serat dan pati resisten dalam talas juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian telah menemukan, orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah.

Studi lain menunjukkan, untuk setiap asupan 10 gram serat yang dikonsumsi per hari, risiko kematian akibat penyakit jantung menurun sebesar 17%.

3. Menyediakan sifat antikanker

Talas mengandung senyawa nabati yang disebut polifenol yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk mengurangi risiko kanker.

Polifenol utama yang ditemukan dalam talas adalah quercetin.

Uji tabung dan penelitian terhadap hewan telah menemukan, quercetin bisa memicu kematian sel kanker dan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker.

Ini juga merupakan antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang telah bebas dengan kanker.

Baca Juga   OPPO sambut babak baru perkembangan teknologi 5G di Indonesia

Baca Juga: Ciri-Ciri Gejala Penyakit Ginjal, Penyebab Kematian ke-10 di Indonesia

4. membantu menurunkan berat badan

Penelitian menemukan, orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan lebih rendah dan lebih sedikit lemak tubuh.
Sebab, serat yang memperlambat pengosongan perut, membuat kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sepanjang hari.

Menurut penelitian, pati resisten dalam akar talas mungkin memiliki efek yang sama.

Pria yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 24 gram pati resisten sebelum makan mendapatkan 6% lebih sedikit kalori dan memiliki kadar insulin yang lebih rendah setelah makan.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis, Menurunkan Gula Darah dan Membantu Mengelola Diabetes

5. Mendukung kesehatan usus

Karena mengandung banyak serat dan pati resisten, sangat bermanfaat untuk kesehatan usus. Tubuh tidak mencerna atau menyerap serat dan pati resisten sehingga mereka tetap berada di usus.

Ketika serat dan pati resisten mencapai usus besar, mereka menjadi makanan bagi mikroba di usus dan mendorong pertumbuhan bakteri baik.

Penelitian, orang dengan gangguan inflamasi usus, kolitis ulserativa, cenderung memiliki kadar asam lemak rantai pendek yang lebih rendah di mereka.

Beberapa penelitian lain menunjukkan, mengonsumsi serat dan pati resisten dapat meningkatkan kadar asam lemak rantai pendek dan membantu melindungi usus dadi penyakit usus besar dan kanker usus besar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Manfaat Talas untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah”

Penulis: Lulu Lukyani
Editor: Lulu Lukyani


.


Source link