4 Manfaat Kesehatan Oyster atau Tiram Laut, Hewan Bercangkang yang Jadi Favorit Baru Seafood Lovers!

Suara.com – Hidangan tiram atau tiram memang tak sepopuler kerang dara atau kerang hijau bagi masyarakat Indonesia. Namun kini sajian makanan laut tersebut sudah mulai digemari berbagai kalangan sebagai pilihan tambahan bagi para pecinta makanan laut.

Dikatakan oleh Chef dan Owner Oyster Dealer Andika Biantara, tidak memiliki cita rasa yang unik, namun tiram juga memiliki banyak manfaat bagi hanya kesehatan tubuh. Dikutip dari siaran pers Oyster Dealer, berikut empat manfaat tiram bagi kesehatan!

Ilustrasi Tiram atau Tiram.  (Hapus percikan)
Ilustrasi Tiram atau Tiram. (Hapus percikan)

1. Jaga Kekebalan Tubuh
Oyster memiliki kandungan zinc, vitamin E dan C yang cukup tinggi dan sangat berperan penting untuk menjaga imunitas serta sistem kekebalan tubuh, terutama di masa pandemi COVID-19 serta pada musim pancaroba seperti saat ini.

2. Memelihata Kesehatan Otak
Ditulis laman WebMD, tiram memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi yang dapat membantu memelihara kesehatan otak, saraf, dan mental.

Baca Juga:
Kembali Bikin Heran, Sisca Kohl Bikin Es Krim Oyster dengan Harga Fantastis

3. Rendah Kalori
Siapa sangka, mengonsumsi tiram dapat menjadi pilihan tepat untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori. Dikutip dari Health Essentials, enak cangkang tiram dengan ukuran sedang mengandung hanya sekitar 175 kalori.

4. Baik untuk Kesehatan Kulit
Oyster juga baik untuk kesehatan kulit, karena mengandung mineral seng yang berperan menciptakan dan meningkatkan kolagen. Kolagen sangat penting untuk dukungan struktural pada kulit dan mengurangi kendur. Kolagen juga membantu menjaga kuku yang lebih kuat, dan menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat.

Tentu saja, manfaat tersebut harus didukung mulai dari cara penangkarannya, pengolahan, hingga penyajiannya. Dikatakan Andika, dalam penyajian tiram, faktor kesegaran dan kesehatan harus menjadi prioritas utama.

Baca Juga   BRIN Tampilkan Produk Kesehatan di NTB INOVTEK EXPO 2022 – BRIN

Sebelum dikonsumsi, ia juga mengimbau para konsumen untuk merasakan aroma dari tiram. Aroma yang menyegarkan tidak dapat membuktikan kualitas dari tiram yang disajikan.

“Selain ingin memperkenalkan tiram dan manfaatnya, kami juga ingin memberikan pengalaman menarik dengan tampilan Oyster Bar di mana para konsumen dapat menikmati hidangan tiram segar yang baru dibuka dan dikupas sambil bersanter la cintabe ah ujar Andika.

Baca Juga:
Mengenal Nanas Laut, Teman Makan Sashimi yang Segar dan Punya Rasa Khas Laut

.


Source link