50 Produk UMKM Berbasis Teknologi Dorong Kadin Rapimda DIY

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA — Sebanyak 50 produk UMKM berbasis teknologi akan hadir untuk memeriahkan Technology and SME Expo yang akan digelar pada 29 Januari 2022 di Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. Pameran yang bertemakan “Inovasi Teknologi dan UKM” ini berlangsung dalam bentuk rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Kamar Dagang dan Industri DIY (Kadin) DIY.

Kepada media, Ketua Umum Panitia Pelaksana Kadin Rapimda DIY, Hermawan Ardiyanto mengatakan, peserta pameran ini adalah Mulailah teknologi dan UKM di DIY. Pameran ini diharapkan menjadi awal dari upaya bersama untuk memajukan UMKM khususnya yang berbasis teknologi di Yogyakarta.


“50 produk teknologi UMKM ini hanyalah sebagian dari potensi yang terus bermunculan di Yogyakarta,” kata Hermawan, Kamis (27/1/2022).

Ia menjelaskan, seluruh eksibitor merupakan UMKM berbasis teknologi yang siap memasuki tahap produksi. Hal ini sejalan dengan rencana Kadin DIY ke depan yang akan semakin mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19, khususnya UMKM berbasis teknologi.


Rangkaian kegiatan Rapimda Kadin DIY, kata Hermawan, dimulai dengan diskusi terbatas tentang gagasan pokok KADIN DIY, pada 14 Januari 2022. Diskusi ini bertujuan untuk merumuskan gagasan pokok dari rekomendasi strategis Kadin DIY untuk pembangunan daerah. dan agenda B20. Selain itu, Kadin DIY Fun Bike & Fun Walk juga berlangsung, pada Sabtu, 22 Januari 2022, dengan dihadiri seluruh jajaran manajemen dan anggota Kadin.

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan Robby Kusumahrta menambahkan Kadin Kadin Rapimda 2021 mengusung semangat Bangkit Bersama, mendorong organisasi baru yang inklusif dan kolaboratif, memulihkan kesehatan dan merevitalisasi kehidupan.’

Dikatakannya, untuk lebih meningkatkan pelaksanaan pembangunan nasional di bidang ekonomi, termasuk Yogyakarta, diperlukan langkah-langkah untuk terus mengembangkan iklim usaha yang sehat, meningkatkan pengembangan usaha, mengembangkan dan mendorong pemerataan kesempatan yang seluas-luasnya bagi dunia usaha. berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi. .

Baca Juga   Saham pemilik Facebook jatuh, indeks sektor teknologi berada di bawah tekanan

Sesuai amanat Undang-Undang Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Nomor 1 Tahun 1987, Kadin berfungsi sebagai wadah pembinaan peningkatan kapasitas profesional pengusaha, wadah penyalur aspirasi pengusaha, dan juga sebagai wadah komunikasi dan konsultasi antara pengusaha dan pengusaha dengan pemerintah daerah) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan, industri dan jasa,” ujarnya.

Robby mengatakan tindakan paralel pascapandemi diperlukan untuk mengatasi masalah ekonomi atau pandemi ekonomi. Upaya tersebut akan dipimpin Kadin melalui tiga agenda utama yaitu penguatan UMKM, untuk menambah SDM dan mendorong perekonomian go digital.

Rapimda Kadin DIY kali ini akan berlangsung dalam dua tahap. Hari pertama akan dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2022 dengan agenda pengarahan politik. Acara kemudian akan dilanjutkan pada hari kedua pada tanggal 5 Februari 2022, untuk dirumuskan dalam program kerja Kadin DIY 2022.






Source link