Jenis-jenis Rekayasa Teknologi, Inilah Penemuan Ilmiah Paling Spektakuler Tahun 2018

Jenis-jenis Rekayasa Teknologi, Inilah Penemuan Ilmiah Paling Spektakuler Tahun 2018
ilustrasi teknologi. keputusan.com

Merdeka.com – Jenis teknologi rekayasa ini merupakan berbagai inovasi teknologi yang telah dilakukan oleh para ahli. Hal ini menjadi hal yang menarik karena teknologi saat ini menjadi trend yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Berbagai teknologi tidak hanya fokus pada kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence). Berbagai inovasi teknologi mulai dikembangkan oleh para ahli dari sebuah perusahaan besar.

Bahkan, ini juga dirancang untuk menjadi sebuah teknologi ilmiah yang dapat membantu umat manusia di muka bumi ini, terutama di bidang kesehatan dan gaya hidup.

Dirangkum dari laman DW via Liputan6.com, berikut 5 jenis penemuan ilmu teknik yang berhasil menjadi pusat perhatian dan begitu spektakuler di tahun 2018.

2 dari 6 halaman

Kecerdasan buatan yang menjadi setiap hari

Salah satu jenis rekayasa teknologi ilmiah yang ditemukan pada tahun 2018 adalah adanya kecerdasan buatan yang dapat menemani kehidupan manusia sehari-hari. Kecerdasan buatan ini, misalnya, seperti ponsel pintar yang dapat bereaksi sesuai dengan kebutuhan pribadi pemiliknya.

Itu dibangun menggunakan jaringan data bersama dengan smartphone serta rumah pintar. Sehingga di masa depan, manusia akan selalu dipantau oleh perangkat pintar ini.

ilustrasi teknologi

humanresourcesonline.net

Memang sangat sulit bagi manusia untuk menghindari efek negatif dari kecerdasan buatan pada mereka. Sejauh ini, jenis rekayasa ini efektif membantu pemiliknya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Mereka memfasilitasi akses ke semua kebutuhan yang benar-benar diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. [bil]

Baca juga:
Fungsi Osiloskop dan Macam-Macam Jenisnya, Perlu Diketahui

3 dari 6 halaman

Lakukan operasi embrio di dalam rahim

Jenis rekayasa berikutnya yang menarik perhatian pada tahun 2018 adalah operasi embrio di dalam rahim. Dengan membuang gen yang sakit dan menggantinya dengan gen yang sehat, janin masih dalam kandungan.

Baca Juga   Penginderaan jauh, solusi teknologi yang efektif dan dapat diterapkan saat ini

Bahkan, itu berhasil dan berlangsung dengan sukses di Amerika Serikat. Percobaan ini dilakukan pada embrio di dalam rahim yang mengalami kelainan pada organ jantung.

Terapi gen jenis ini juga diharapkan dapat menyembuhkan kanker dan cystic fibrosis pada HIV.

4 dari 6 halaman

Manusia hasil rekayasa genetika

Diketahui pada 2017 Amerika Serikat mengizinkan pengobatan dua jenis kanker darah dan penyebab kebutaan. Ini dilakukan dengan menggunakan terapi gen.

Caranya adalah dengan memodifikasi gen imun pasien. Hal ini bertujuan agar nantinya dapat mengenali sel kanker sebagai musuh dan membunuhnya secara otomatis.

ilustrasi teknologii-scoop.eu

Sedangkan pada kasus kebutaan, rekayasa genetika akan dilakukan langsung pada gen tertentu di mata. Itu juga tidak akan mempengaruhi bagian tubuh lainnya.

Baca juga:
China menguji pemindai tubuh yang mampu menembus 30 lapisan pakaian

5 dari 6 halaman

Penciptaan manusia cyborg tercetak

Teknologi alat cetak tiga dimensi yang canggih juga ditemukan pada tahun 2018 ini. Tubuh manusia diprediksi di masa depan juga dapat dicetak secara tiga dimensi atau 3D.

Pencetakan ini dapat dilakukan dengan menggunakan tinta yang disebut tinta bio-compatible. Artinya organ buatan printer tidak akan ditolak oleh sistem kekebalan tubuh manusia.

seks© sakkmesterke/Web Berikutnya

Sebuah tren dalam kedokteran diketahui berjalan pada tahap awal. Namun, diharapkan pembangunan akan berlanjut dengan sangat cepat.

6 dari 6 halaman

Mikroorganisme berubah menjadi pabrik obat

Jenis rekayasa berikutnya yang ditemukan pada tahun 2018 adalah pembukaan cakrawala baru di bidang biologi sintetik. Kombinasi biologi dan rekayasa akan memodifikasi DNA mikroorganisme menjadi mikropabrik farmasi.

Kita tahu bahwa makhluk mikro buatan masa depan juga dapat dirancang dengan memproduksi insulin atau molekul. Ini akan menjadi dasar pembuatan obat baru.

Baca Juga   Menyambut Industri 4.0, Kementerian PUPR RI terus berinovasi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi

gambar ilustrasi obat© 2021 Merdeka.com/pexels.com

Itulah jenis-jenis rekayasa teknologi yang ditemukan oleh sains yang berhasil mengejutkan dan mengejutkan di tahun 2018. Semoga informasi yang berhasil disajikan oleh Merdeka.com dapat menambah wawasan Anda.

.


Source link