6. Manfaat Mematikan Lampu saat Tidur Baik untuk Kesehatan

Jakarta – Setiap orang tentu saja memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang berbeda-beda, salah satu yang kita ketahui, yaitu kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Ada seseorang yang nyaman tidur dengan lampu menyala, dan beberapa lainnya nyaman tidur dengan lampu yang mati.

Namun, langkah lebih baik sejak sekarang Anda untuk mematikan lampu ketika sedang tidur. Karena ternyata tidur dengan mematikan lampu ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita.

Mungkin sudah sering Anda mendengar bahwa mematikan lampu saat tidur ternyata memiliki beberapa manfaat. Namun, manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan tentu belum banyak orang yang mengetahui. Berikut beberapa manfaat mematikan lampu saat tidur.

1. Tidur lebih cepat

Tidur dengan mematikan lampu akan membuat Anda lebih cepat tidur, daripada Anda tidur dengan lampu menyala. Karena tentu saja pengaruh silau lampu yang mengenai mata Anda.

Rangsangan cahaya yang masuk ke mata Anda tentu saja akan berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya Anda sangat menyenangkan. Jadi sebaiknya untuk menyambut lampu di kamar Anda, karena Anda akan lebih cepat menikmatinya.

2. Menstabilkan emosi

Tidur dengan lampu padam ternyata juga berpengaruh terhadap emosi Anda. Emosi Anda akan lebih stabil dan terkontrol aplikasi Anda tidur dalam keadaan lampu yang padam. Karena jika Anda mematikan lampu ketika tidur, tubuh Anda akan lebih rileks, sehingga perasaan rileks itulah yang akan membuat emosi Anda stabil dan juga mudah untuk dikontrol.

Masalah emosi tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya emosi akan sangat berpengaruh terhadap hari-hari yang akan dijalaninya. Memiliki emosi yang stabil dan mudah dikontrol tentu saja akan membuat Anda tidak dapat mengambil keputusan.

Baca Juga   Ruang Berita | Kabupaten Bekasi

3. Meringankan stres

Aktivitas banyak dan cukup padat tentu saja akan memungkinkan seseorang mengalami stres. Namun, hal ini tentu saja dapat berhasil dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan mematikan lampu ketika Anda sedang bangun. Karena lampu yang mati akan membuat emosi Anda stabil dan tubuh lebih rileks, sehingga tidak akan mudah merasakan stres.

4. peningkatan produksi hormon melatonin

Manfaat mematikan lampu selanjutnya, yaitu dapat meningkatkan produksi hormon melatonin dalam tubuh Anda. Hormon melatonin ini merupakan salah satu hormone yang bekerja menjaga kekebalan tubuh manusia.

Jadi ternyata mematikan lampu saat tidur dapat memicu hormon ini, tentu saja ini cukup baik karena hormon akan membuat tubuh lebih kebal terhadap segala macam penyakit yang mengancam tubuh.

maka dari itu, usahakan untuk mematikan lampu Anda tidur karena salah satunya dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon melatonin ini.

5. Mengurangi obesitas

Masalah obesitas atau kelebihan berat badan, tentu saja menjadi masalah yang sangat dihindari oleh banyak orang. Pasalnya obesitas ini, memiliki berbagai dampak buruk terhadap tubuh Anda.

Obesitas dapat memicu terjadinya beberapa macam penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes melitus, dan juga berbagai penyakit lainnya, hingga pada penyakit komplikasi.

Mengingat beberapa dampak buruk tersebut, sebaiknya jaga berat badan Anda agar tetap memiliki badan yang ideal. Salah satunya dengan mematikan lampu ketika Anda tidur, karena hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi potensi obesitas.

6. peningkatan kerja otak

Manfaat mematikan lampu saat tidur lainnya, yaitu dapat meningkatkan kerja otak. Dengan mematikan lampu saat tidur Anda dapat membuat otak Anda memiliki kinerja yang lebih maksimal.

Selain itu, tidur dengan mematikan lampu juga akan menghindarkan Anda dari sifat pelupa. Ingat, bahwa nyatanya kinerja otak manusia sangat dipengaruhi dengan keadaan tubuh dan emosi seseorang. Ketika tubuh Anda merasa rileks, kinerja otak Anda juga akan meningkat dan optimal.

Baca Juga   Kondisi iklim ternyata sebabkan masalah kesehatan mental

(Drie An Naas Setyo)




Source link