Manfaat Temulawak untuk Kesehatan | Tagar

Jakarta – Temulawak adalah tanaman obat-obatan yang berasal dari Indonesia. Memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza, temulawak tersebar luas di Pulau Jawa. Juga di negara Malaysia dan Thailand.

Dalam bahasa Sunda, temulawak dikenal sebagai koneng gede, sementara dalam bahasa Madura dikenal sebagai temu labak.

Temulawak juga dikenal dengan nama Java ginger atau jahe Jawa karena tanaman ini masih satu keluarga dengan tanaman jahe, yaitu Zingiberaceae. Temulawak dapat tumbuh subur di dataran rendah, terutama di tanah yang gembur sehingga rimpangnya mudah berkembang menjadi besar.

Temulawak juga dapat tumbuh subur hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Berikut beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

1. Menegah Kanker

Temulawak dapat mengendalikan, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar, dan payudara. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan Curcuma dalam temulawak dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat.

Kandungan antioksidan dalam temulawak dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga mampu menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang mengakibatkan kanker.

2. Menambah Nafsu Makan

Bagi orang tua yang memiliki anak susah makan, temulawak bisa menjadi obat ampuh untuk meningkatkan nafsu makan. Temulawak yang sudah diolah dalam bentuk suplemen atau jamu yang bisa dikonsumsi oleh anak.

Rempah ini dapat mempercepat proses pengosongan lambung karena Temulawak memiliki kandungan Atsiri, sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali.

3. Turunkan Kolestrol Jahat

Tak berhenti sampai di situ, loh. Manfaat temulawak dinilai bisa membuat kadar kolestrol tetap stabil. Hal ini terutama dalam menurunkan kolestrol dalam tubuh, kandungan kurkuma yang tinggi membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL).

4. peningkatan Imunitas Tubuh

Manfaat temulawak ini dapat menambah imun untuk melawan berbagai penyakit.

Baca Juga   Tanda Seseorang Mengalami Burnout, Air Fryer Berbahaya untuk Kesehatan?

5. Menjaga Metabolisme Tubuh

Temulawak memiliki manfaat untuk menjaga metabolisme tubuh tetap stabil. Hal ini karena kandungan pati dan kunyit dan sangat baik untuk tubuh.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Temulawak dapat mengatasi gangguan pencernaan. Menurut jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan dapat diatasi dengan temulawak.

Penelitian menyebutkan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit kolitis ulserativa menjadi semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara rutin.

7. Mencegah dan Menyembuhkan Jerawat

Temulawak memiliki sifat yang membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah munculnya jerawat di permukaan kulit. Sifat antibakteri dan antioksidan dalam temulawak juga dapat menyembuhkan jerawat.

8. Meringankan Osteoartritis

Osteoarthritis adalah salah penyakit paling umum di Indonesia yang menyerang persendian dan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi temulawak selama empat minggu dapat membantu meringankan rasa sakit akibat osteoarthritis.

9. Peningkatan Kemampuan Fungsi Otak

Temulawak dapat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Senyawa kurkumin pada temulawak dapat meningkatkan kadar hormon Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF). Hormon tersebut berkaitan dengan kemampuan belajar dan memori.

BDNF juga mendorong hidup sel saraf (neuron) dan berperan dalam pertumbuhan, pematangan (diferensiasi), serta pemeliharaan sel tersebut. Mengonsumsi temulawak dalam bentuk suplemen atau jamu sangat baik untuk anak-anak karena mampu mendukung perkembangan otak anak.

10. Mencegah Demam Berdarah

kandungan minyak atsiri dalam temulawak memiliki kegunaan untuk menangkal nyamuk Aedes aegypti sehingga tidak mendekati dan keberadaan darah Anda.

11. Sebagai Anti Bakteri Dan Anti Jamur

Manfaat temulawak yang dapat Anda temukan adalah sebagai antibakteri dan antijamur adanya senyawa xanthorrizol pada temulawak ternyata cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis staphylococcus dan salmonella.[]

Baca Juga   Khasiat Kurma Ajwa untuk Kesehatan, Baik untuk Jantung dan Tingkatkan Imun

(AgungBukit)




Source link