8 Manfaat Daun Mint yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Bahkan manfaat daun mint juga baik untuk kecantikan.

Mimpi – Daun mint memang sayuran yang umumnya dimasak dan dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, daun mint juga disebut tumbuhan yang asing bagi masyarakat. Karena daun yang memiliki nama latin Mentha piperita L ini kerap dijumpai pada beberapa makanan maupun minuman yang mampu memberikan efek segar saat dikonsumsi. Misalnya saja permen, salad, kue, puding, cokelat, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menyegarkan saja, manfaat daun mint ternyata juga sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Bahkan khasiat daun mint sudah digunakan orang-orang sejak zaman dahulu dengan jenis daun mint yang beragam.

keberadaan daun mint yang baik untuk kesehatan karena adanya berbagai kandungan yang dimiliki oleh daun mint. Di mana terdapat antioksidan dan fitonutrien, serta ada juga vitamin A, vitamin C, dan B kompleks, kalsium, fosfor, serta ada anti bakteri. Selain itu, daun mint juga kaya akan kalium, zat besi, dan mangan yang ampuh dalam meningkatkan hemoglobin serta fungsi otak.

Nah, bagi sahabat Dream yang penasaran apa saja manfaat daun mint bagi kesehatan, berikut sebagaimana telah dirangkum melalui merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint yang pertama adalah mengatasi gangguan pencernaan. Ketika sahabat Dream mengonsumsi daun mint, maka hal tersebut akan membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan dengan cara mengaktifkan enzim pencernaan.

Selain itu, dalam daun mint juga terdapat minyak mint yang bersifat antiseptik serta antibakteri. Dengan begitu berkhasiat untuk mengurangi terjadinya masalah pada pencernaan, infeksi perut, dan sebagainya. keberadaan minyak mint ini adalah sebagai obat antispasmodik karena terdapat metanol dalam daun mint.

Baca Juga   5 Bunga Tercantik di Dunia dan Manfaatnya untuk Kesehatan Halaman all

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi sahabat Dream yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka daun mint bisa menjadi solusi yang tepat. Di mana mengonsumsi daun mint mampu meningkatkan pencernaan dan metabolisme yang membantu dalam proses penurunan berat badan.

Kamu bisa mengolahnya menjadi teh mint yang bebas dari kalori, menyegarkan, dan mampu menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsinya secara teratur dan selaras dengan tumbuh-tumbuhan, pola makan, serta berolahraga, impianmu yang ideal pun bisa terwujud.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Masalah Pernapasan

Bagi sahabat Dream yang memiliki masalah pada pernapasan seperti sakit asma, maka daun mint bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Di mana efek dari daun mint mampu membuat rileks dan meredakan kondisi hidung tersumbat.

penderita asma yang mengonsumsi daun mint akan merasa lebih tenang. Bahkan daun mint juga akan membersihkan hidung yang tersumbat karena memiliki kandungan metanol yang ampuh melegakan pernapasan. Selain itu, bagi orang yang menderita batuk kronis juga bisa mengonsumsi daun mint untuk mengurangi iritasinya.

Merawat Mulut

Manfaat daun mint berikutnya adalah untuk merawat mulut. Caranya adalah dengan mengunyah daun mint yang bertujuan untuk menghilangkan bau. Selain itu, daun mint juga akan membuat napas menjadi lebih segar dan bisa membunuh kuman di dalam mulut.

Untuk kesehatan gigi, mengonsumsi ekstrak daun mint akan membersihkan plak di gigi. Oleh karena itu, sahabat mimpi pasti pernah bertemu pasta gigi, obat kumur, maupun permen karet dengan rasa mint. Karena hal tersebut dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga mulut tetap bersih, sehat, dan segar.

Baca Juga   Sederet Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Diabetes

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Stres dan Depresi

Manfaat daun mint tidak hanya terbatas untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. Di mana aroma dari daun mint mampu mengatasi stres dan depresi. Sahabat Dream yang memiliki aroma mint, maka akan mendapatkan pikiran yang lebih segar.

Cara lainnya, sahabat dream juga bisa menyeduh teh yang diberi daun mint atau menggunakan alat penguap yang diberi ekstrak daun mint. Hal ini sangat baik untuk mengatasi stres dan depresi yang dialami.

Meringankan Nyeri saat Menyusui

Bagi ibu yang baru melahirkan dan dalam masa menyusui, maka mengonsumsi daun mint adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena biasanya ibu yang menyusui anaknya akan mengalami luka dan pecah-pecah di bagian puting. Sehingga menimbulkan rasa perih, apalagi ketika sedang menyusui.

Namun kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengoleskan minyak esensial mint yang ampuh mengurangi rasa sakit serta menyembuhkan nyeri dan puting yang pecah-pecah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan© Freepik.com

peningkatan Kekuatan Otak

Daun mint juga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otak. Bahkan hal tersebut juga telah melalui penelitian dan menemukan bahwa mengonsumsi daun mint bisa meningkatkan pengetahuan serta fungsi kognitif. Selain itu, mengonsumsi daun mint juga bisa membuat peningkatan dan kewaspadaan mental.

Kulit Merawat

Manfaat daun mint yang tak terlupakan adalah mampu merawat kulit. mengingat bahwa kulit sering sekali terpapar polusi dan sinar matahari. Apalagi bagi sahabat Dream yang sering melakukan aktivitas di luar rumah. Nah, daun mint adalah obat herbal yang sudah digunakan sejak dahulu untuk mengatasi jerawat dan bekas luka.

Baca Juga   Tingkatkan Keterampilan di Bidang Kreatif dan Teknologi Digital, Pemkot Medan Jaring Generasi Muda

Hal ini karena daun mint memiliki kandungan asam salisilat yang cukup tinggi dan vitamin A yang bisa mengontrol sekresi minyak sebum di kulit dan menyembuhkan jerawat. Selain itu, ekstrak dari daun mint akan mengobati dan mencegah munculnya jerawat di kulit.




Source link