10 Tips agar Ponsel Tahan lama dan Tidak Mudah Rusak

Bisnis.com, Jakarta – Cara merawat ponsel memang susah-susah gampang. Simak 10 tips agar handphone tahan lama dan tidak mudah rusak.

Jika dilakukan dengan telaten, Anda tidak perlu perawatan mahal agar handphone awet dan bisa bekerja secara optimal.

Berikut 10 tips berupa anjuran dan larangan agar ponsel tahan lama dan tidak mudah rusak seperti dilansir dari saluran YouTube Sisiterang pada Sabtu, (29/1/2022).

1. Matikan Bluetooth Saat Tidak Dipakai

Dengan mematikan bluetOhoth, Anda dapat mencegah unduhan yang tidak perlu dan mungkin berbahaya untuk ponsel. Selain itu, dengan mematikan bluetooth tak akan ada peretas yang bisa masuk untuk membaca data kamu yang tersimpan diponsel.

2. Jangan Biarkan Ponsel Terpapar Cuaca

Lindungi ponsel bukan hanya dari hujan atau banjir. Hawa dingin dan panas, sama buruknya bagi ponsel. Gadget akan mulai berlatih apabila berada pada suhu turun di bawah minus 40 derajat Celcius. Ponsel Anda juga bisa rusak permanen apabila terpapar sinar matahari di atas 45 derajat celcius.

3. mengetahui Kabel Memuat Murah atau Palsu

Meski tidak akan membahayakan ponsel secara langsung, kabel charger murah bisa membuat arus listrik tidak stabil.

4. Lubang Bersihkan Memuat Secara Teratur

Banyak kotoran dan debu yang menempel pada lubang mengisi daya ponsel. Jika dibiarkan, kotoran tersebut maka akan berdampak pada kinerja ponsel. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan tusuk gigi kayu atau korek kuping pada lubang pengecasnya agar kotoran dan debu yang menempel dapat keluar.

5. Jangan Semprotkan Air

Banyak ponsel saat ini tidak tahan air. Proses langsung bisa membuat air masuk ke dalam bagian ponsel yang terbuka seperti mikrofon, soket pengisi daya, dan lainnya.

Baca Juga   PELNI Lakukan Konvergensi Teknologi dan System Komunikasi Kapal

Jika ingin membersihkan ponsel dengan semprotan khusus ponsel, Anda sebaiknya menyemprotkan cairan terlebih dahulu pada kain microfiber. Setelah itu, bersihkan ponsel dengan kain tersebut.

6. Dibebankan Sebelum Baterai Habis Total

Baterai ponsel yang habis atau 0 persen bisa membuat ponsel berisiko tidak bertahan lama dari yang seharusnya. Setiap ponsel, memiliki jumlah siklus pengecasan masing-masing. Karena itu, usahakan mengisi baterai sebelum benar-benar habis.

7. Jangan Pasang Aplikasi Pengoptimal Baterai

Aplikasi optimalisasi baterai hanya menghapus yang berjalan di latar belakang dan membersihkan tersembunyi atau bagian dari memori ponsel yang menyimpan informasi yang sering digunakan.

8. Jaga Layar Beranda (Rumah) Seringkas Mungkin

Tahukah kamu, jika layar beranda atau rumah berantakan dapat membuat ponsel kesulitan untuk memuat semuanya dalam satu tempat Hal itu bisa berdampak pada perangkat keras ponsel hingga membuat kinerja

9. Jangan Simpan Ponsel di Saku Celana

Dengan menyimpan ponsel di saku celana, panas badan Anda akan menyebabkan baterainya lebih cepat habis. Selain itu, ponsel juga tidak boleh berada di suhu panas karena akan meningkatkan kinerjanya.

10. Matikan Ponsel Sekali Dalam Seminggu

Cara terakhir, yaitu dengan matikan ponsel kemudian diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa memunculkannya kembali. Ini akan membantu mempercepat kerja ponsel, memperpanjang daya tahan baterai, mengosongkan semua beban yang tak diperlukan memori dan mencegah kerusakan lainnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Konten Premium

Masuk/Daftar

.


Source link