Mengungkapkan! Virus Omicron dapat bertahan lebih dari 21 jam di kulit

Bisnis.comJAKARTA – Peneliti Jepang mengungkapkan bahwa varian Omicron Covid-19 mampu bertahan di kulit manusia selama lebih dari 21 jam.

Dikutip melalui NDTV, peneliti dari Kyoto Prefectural Medical University, Jepang, mengatakan kemampuan varian virus baru ini untuk bertahan cukup kuat tidak hanya di kulit Omicron tapi juga lebih dari delapan hari di permukaan plastik.

“Ini kemungkinan besar berkontribusi pada penyebarannya yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis lain,” kata peneliti Jepang, dikutip NDTV, Minggu (30/1/2022).

Selain itu, saat ini, para peneliti telah menganalisis perbedaan stabilitas lingkungan virus antara strain SARS-CoV-2 Wuhan dan semua varian yang menjadi perhatian (varian perhatian/VOC).

Studi ini menemukan bahwa varian Alpha, Beta, Delta, dan Omicron menunjukkan lebih dari dua kali waktu bertahan hidup pada permukaan plastik dan kulit.

“Stabilitas lingkungan yang tinggi dari VOC ini dapat meningkatkan risiko penularan kontak dan berkontribusi pada penyebarannya,” katanya.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pada permukaan plastik, waktu kelangsungan hidup rata-rata strain asli adalah 56 jam, varian Alpha adalah 191,3 jam, varian Beta adalah 156,6 jam, varian Gamma adalah 59,3 jam, varian Delta adalah 114 jam dan varian Omicron selama 193,5 jam.

Sementara pada sampel kulit, rata-rata waktu bertahan virus adalah 8,6 jam untuk versi aslinya, 19,6 jam untuk Alpha, 19,1 jam untuk Beta, 11 jam untuk Gamma, 16,8 jam untuk Delta dan 21,1 jam untuk Omicron.

“Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam waktu bertahan hidup antara varian Alpha dan Beta, dan mereka memiliki stabilitas lingkungan yang serupa, yang konsisten dengan hasil dari penelitian sebelumnya,” kata para peneliti.

Meskipun varian Alpha, Beta, Delta, dan Omicron menunjukkan sedikit peningkatan resistensi etanol dalam menanggapi peningkatan stabilitas lingkungan, semua VOC pada permukaan kulit sepenuhnya dinonaktifkan oleh paparan 35% d etanol selama 15 detik.

Baca Juga   Simak Trik Dekati Gebetan dengan Teman Teknologi ala Joshua Suherman

“Oleh karena itu, sangat disarankan agar praktik pengendalian infeksi saat ini, dalam hal kebersihan tangan, menggunakan disinfektan. Seperti yang disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia,” kata peneliti.

Tonton video terpilih di bawah ini:

Lihat lebih banyak berita tentang subjek artikel ini, di sini:

jepang omicron

konten berkualitas

Masuk Daftar

.


Source link