Minat konsumen di Indonesia terhadap ponsel 5G terus tumbuh

Jakarta, CNN Indonesia

Antusiasme konsumen terhadap teknologi seluler 5G pertumbuhan meskipun jaringan yang tersedia masih sangat terbatas di Indonesia. Rasanya Samsung.

“5G baru di Indonesia, baru masuk sekitar awal tahun 2021. Kehebohan sendiri sudah mulai tumbuh di masyarakat,” kata Yadi Prayitno, Head of MX Retail Samsung Indonesia saat ditemui saat launching Samsung Store. di Metropolitan Mall, Bekasi, akhir pekan lalu.

Teknologi jaringan generasi kelima ini menawarkan kecepatan koneksi yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya, yakni 4G.

Saat ini sejumlah operator seluler telah menyediakan layanan 5G di sejumlah kota, namun cakupannya masih terbatas di beberapa lokasi.

Namun, penerapan teknologi jaringan ini dipastikan akan terus berkembang seiring dengan permintaan konsumen akan ponsel 5G.

Salah satu dampak dari meningkatnya antusiasme masyarakat terhadap 5G adalah hadirnya produk ponsel berkemampuan 5G dalam rentang harga yang berbeda-beda.

Teknologi 5G yang awalnya hanya terdapat di ponsel kelas atas atau flagship, kini juga ditemukan di perangkat kelas menengah.

Tonggak sejarah ini telah diambil oleh sejumlah produsen ponsel, termasuk Samsung yang menawarkan Galaxy A22 5G, Galaxy A32 5G, Galaxy A52s 5G.

“Samsung berusaha masuk dan memiliki lebih banyak produk untuk mendukung antusiasme konsumen. Kami ingin menjadi salah satu pemainnya” Merek siapa yang bisa membangun perangsangan itu,” tambahnya.

Selain kecepatan, teknologi jaringan generasi kelima ini menawarkan banyak keunggulan yang dapat digunakan di berbagai bidang, baik untuk individu maupun untuk industri.

Namun, Yadi belum bisa merinci peningkatan penjualan ponsel Samsung dengan teknologi 5G di Indonesia.

dilaporkan dari qualcom, Teknologi 5G hadir untuk memberikan kecepatan data yang lebih tinggi, latensi yang sangat rendah, keandalan yang lebih besar, kapasitas jaringan yang besar, waktu kerja yang lebih lama, dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Baca Juga   Gairahkan Produk Olahan Porang, Kementan Manfaatkan Teknologi Radiasi Sinar Gamma

Penggunaan 5G untuk individu dapat berupa penggunaan perangkat virtual reality (VR) secara maksimal. Apalagi dengan adanya Metaverse yang diambil alih oleh Meta untuk menghadirkan realita ke dunia maya yang tentunya membutuhkan teknologi yang handal.

Sementara di sektor industri, 5G bisa digunakan untuk perangkat seperti drone, mobil tanpa awak, hingga penggunaan sejumlah perangkat yang membutuhkan kecepatan koneksi tinggi dan minim gangguan. .

Area jangkauan 5G

Saat ini, layanan 5G di Indonesia disediakan oleh tiga operator seluler, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. Ketiga operator seluler ini menyediakan jaringan 5G di lokasi yang berbeda.

Layanan 5G Telkomsel dapat dinikmati di wilayah Jabodetabek, antara lain kawasan perumahan Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah dan Widya Chandra.

Di wilayah lain, layanan 5G Telkomsel juga tersedia di beberapa lokasi di luar Jabodetabek, seperti gerai GraPARI di Medan, Batam, Solo, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar. Kemudian, Telkomsel 5G juga dapat dinikmati di kawasan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Telkom (Tel-U) di Bandung.

Seperti Telkomsel, pengguna layanan 5G Indosat hanya bisa mendapatkan layanan di wilayah terbatas seperti kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, kawasan Genteng di Surabaya, kawasan Gunung Bahagia di Balikpapan dan kawasan Pettarani di Makassar. Khusus untuk wilayah kota Surakarta, layanan 5G dapat dinikmati di seluruh penjuru kota.

Sementara itu, layanan 5G XL Axiata dapat dinikmati pelanggannya di kawasan Jalan Margonda Depok, kawasan Gedung Sate Bandung, serta beberapa titik XL Center seperti XL Axiata Tower di Jakarta, XL Center Martadinata di Bandung, XL Center Yogyakarta dan XL Center Youth di Surabaya.

Baca Juga   Kebijakan Nol Rupiah, Biaya Pendidikan di Politeknik Teknologi Nuklir BRIN – BRIN

(lom / mik)

[Gambas:Video CNN]


.


Source link