Dianggap sebagai fakta di dunia teknologi, ternyata hanya mitos

Dianggap sebagai fakta di dunia teknologi, ternyata hanya mitos


Melalui:
Tanggal pengunggahan:
Deskripsi: Dianggap sebagai fakta di dunia teknologi, ternyata hanya mitos




Di dunia teknologi yang canggih ini, ternyata selalu saja ada mitos yang bisa membuat Anda geleng-geleng kepala jika mengetahuinya. Apa saja mitos dalam dunia teknologi? Ayo lihat.

1. Smartphone memicu kanker
Dua dekade lalu, diskusi ini diperdebatkan secara luas. Namun, ternyata sejauh ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan hubungan langsung antara penggunaan smartphone dengan timbulnya penyakit kanker.

Sebuah penelitian di Inggris mengatakan tidak ada bukti bahwa gelombang radio yang dihasilkan oleh smartphone menimbulkan risiko kesehatan. Namun, penelitian terus berlanjut tentang ini.

2. Semakin tinggi kamera megapiksel, semakin baik fotonya
Informasi yang ternyata mitos teknologi ternyata palsu. Memang, resolusi foto yang Anda ambil akan lebih padat dengan kamera megapiksel yang tinggi. Namun, keterampilan fotografi juga memainkan peran penting dalam hal ini.

Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan dan aspek lainnya untuk mendapatkan bidikan yang bagus. Padahal, menurut The Best Schools, dalam kondisi pencahayaan normal, kamera 6-8 megapiksel bisa menghasilkan foto yang lebih bagus dari kamera 18 megapiksel lho.

3. Komputer harus dimatikan setiap malam
Terkadang kita bekerja atau melakukan aktivitas lain dengan laptop atau komputer sampai larut malam. Kemudian kita tidak sengaja tertidur dan lupa mematikan komputer atau laptop sampai pagi.

Jangan panik, harus mematikan komputer atau laptop setiap malam hanyalah mitos teknologi. Memang benar komputer atau laptop dalam keadaan mati jika tidak digunakan dalam waktu lama, namun bukan berarti akan rusak jika harus dibiarkan semalaman.

Baca Juga   ITTelkom Surabaya Gelar Seminar Bahas Pendidikan dan Teknologi

4. Apple Mac tidak akan terkena virus
Pengguna Mac sering bangga mengatakan bahwa produk yang mereka gunakan kebal terhadap virus komputer. Faktanya, seperti yang dilaporkan How Stuff Works, tidak ada perangkat komputasi yang sepenuhnya kebal terhadap virus. Pada tahun 2011, seseorang mencoba merilis virus Trojan horse dengan nama Mac Defender, sebuah program palsu yang mampu menyusup ke sistem operasi ini sebagai antivirus. Jadi informasi ini hanyalah mitos teknologi.

5. Mode penyamaran merahasiakan aktivitas internet Anda
Mode penyamaran atau mode privat yang dapat Anda pilih saat menggunakan browser web tidak menyembunyikan aktivitas internet Anda dari penyedia layanan internet yang Anda gunakan.

Memang riwayat browsing Anda tidak akan tersimpan di komputer Anda sehingga tidak ada yang tahu situs mana saja yang pernah Anda kunjungi, namun Anda tetap bisa terlacak oleh situs yang Anda kunjungi. Nah, informasi di situs yang kamu buka bisa digunakan oleh berbagai merek atau produk untuk membuat iklan yang ditargetkan berdasarkan aktivitas internet kamu, lho.

6. Mengisi daya terlalu lama dapat merusak baterai
Smartphone dan perangkat modern lainnya menggunakan baterai lithium-ion. Baterai lithium-ion cukup canggih untuk berhenti mengisi daya saat baterai penuh. Jadi mitos teknologi ini salah karena sebenarnya tidak ada risiko gadget Anda rusak saat di-charge terus-menerus seperti yang dikatakan banyak orang. Hanya saja, lebih baik berhenti karena hanya akan menambah tagihan listrik Anda.

7. Jangan mengisi daya baterai kecuali dayanya rendah
Ini adalah salah satu mitos teknologi paling terkenal. Anda pasti pernah mendengar bahwa baterai gadget Anda bisa rusak jika Anda menchargenya sebelum habis. Fakta ini berlaku untuk baterai nikel-kadmium, tetapi tidak untuk baterai lithium-ion yang sudah banyak digunakan saat ini. Bahkan, ada baiknya untuk mencegah baterai Anda terkuras hingga 0%. Bahkan, Anda disarankan untuk menjaga daya baterai Anda setidaknya antara 40-80%.

Baca Juga   Samsung Galaxy A03 Rilis di Indonesia, Cek Spesifikasi dan Harganya!

8. Smartphone meledak saat digunakan saat mengisi daya
Memang benar baterai smartphone berisiko meledak. Namun menurut Mashable, tidak ada hubungan langsung antara pengisian daya dan risiko smartphone meledak jika charger digunakan dengan benar dan smartphone dalam kondisi baik.

Hal ini kemungkinan terjadi jika Anda menggunakan pengisi daya yang rusak atau jika ada kesalahan manufaktur atau produksi pada smartphone itu sendiri. Itu terjadi pada iPhone 4 yang meledak pada tahun 2013 karena menggunakan pengisi daya yang buruk.

Dan Anda setelah mengetahui mitos di dunia teknologi. nah lho, ternyata bahkan dalam lingkup kerja sistem MAC, masih ada beberapa virus yang bisa mengganggu pekerjaan Anda. Apakah Anda memiliki mitos lain yang tidak disebutkan di atas? Tulis cpba di kolom komentar.(*pin)




Source link